Implemantasi pembelajaran IPA berbasis mind mapping untuk mendukung pembentukan karakter siswa kelas IV sekolah dasar IV sekolah dasar I karanganyar kabupatem Demak

Fakhriyah, Fina (2013) Implemantasi pembelajaran IPA berbasis mind mapping untuk mendukung pembentukan karakter siswa kelas IV sekolah dasar IV sekolah dasar I karanganyar kabupatem Demak. [Laporan penelitian]

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (175Kb) | Tinjau ulang
    [img]
    Tinjau ulang
    PDF (BAB I) - Accepted Version
    Download (93Kb) | Tinjau ulang
      [img]
      Tinjau ulang
      PDF (BAB II) - Accepted Version
      Download (123Kb) | Tinjau ulang
        [img]
        Tinjau ulang
        PDF (BAB IV) - Accepted Version
        Download (107Kb) | Tinjau ulang
          [img]
          Tinjau ulang
          PDF (BAB V) - Accepted Version
          Download (49Kb) | Tinjau ulang
            [img]
            Tinjau ulang
            PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
            Download (28Kb) | Tinjau ulang

              Abstrak

              Abstrak Salah satu cara yang dapat mempermudah siswa dalam memahami konsep-konsep IPA atau sains adalah dengan menggunakan mind mapping peta pikiran/peta konsep).Mind mapping adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar dari otak. Mind mapping dapat membantu siswa untuk berkomunikasi,memusatkan perhatian, menyelesaikan masalah, menyusun dan menjelaskan ide-ide/pokok pikiran, serta membantu mengingat lebih baik. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian adalah bagaimana implementasi pembelajaran IPA berbasis mind mapping terha dap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar I Karanganyar Kabupaten Demak dan bagaimana pengaruh pembelajaran IPA berbasis mind mapping di Sekolah Dasar I Karanganyar Kabupaten Demak terhadap hasil belajar siswa serta karakter siswa. Penelitian ini di lakukan pada kelas IV SD I Karanganyar Demak tahun pelajaran 2012/2013, menggunakan quasi experimental dengan one group pretest posttest design. Data yang diperoleh menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran dari nilai rata- rata tes awal 53,8 meningkat men jadi 69,8 pada tes akhir. Hasil uji hipotesis menunjukkan perhitungant hitungsebesar 5,82 dengan t tabel 2,00 . Berdasarkan hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan mind mapping dalam pembelajaran IPA materi energi dikelas IV mempengaruhi hasil belajar siswa dan karakter siswa. Kata Kunci :Mind Mapping, Hasil Belajar dan Pembentukan Karakter Siswa

              Tipe dokumen: Laporan penelitian
              Uncontrolled Keywords: <ind mapping, hasil belajar dan pembentukan karakter siswa
              Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
              Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
              Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
              Tanggal Deposit: 30 Aug 2013 10:03
              Last Modified: 31 Aug 2013 10:56
              URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1639

              Actions (login required)

              View Item