Implemantasi pembelajaran IPA berbasis mind mapping untuk mendukung pembentukan karakter siswa kelas IV sekolah dasar IV sekolah dasar I karanganyar kabupatem Demak

Fakhriyah, Fina (2013) Implemantasi pembelajaran IPA berbasis mind mapping untuk mendukung pembentukan karakter siswa kelas IV sekolah dasar IV sekolah dasar I karanganyar kabupatem Demak. [Experiment]

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
Cover_dan_bagian_awal.pdf - Accepted Version

Download (179kB)
[thumbnail of BAB I]
Preview
PDF (BAB I)
Bab_1.pdf - Accepted Version

Download (95kB)
[thumbnail of BAB II]
Preview
PDF (BAB II)
Bab_2.pdf - Accepted Version

Download (126kB)
[thumbnail of BAB IV]
Preview
PDF (BAB IV)
Bab_3.pdf - Accepted Version

Download (109kB)
[thumbnail of BAB V]
Preview
PDF (BAB V)
Bab_5.pdf - Accepted Version

Download (50kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (29kB)

Abstrak

Abstrak Salah satu cara yang dapat mempermudah siswa dalam memahami konsep-konsep IPA atau sains adalah dengan menggunakan mind mapping peta pikiran/peta konsep).Mind mapping adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar dari otak. Mind mapping dapat membantu siswa untuk berkomunikasi,memusatkan perhatian, menyelesaikan masalah, menyusun dan menjelaskan ide-ide/pokok pikiran, serta membantu mengingat lebih baik. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian adalah bagaimana implementasi pembelajaran IPA berbasis mind mapping terha dap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar I Karanganyar Kabupaten Demak dan bagaimana pengaruh pembelajaran IPA berbasis mind mapping di Sekolah Dasar I Karanganyar Kabupaten Demak terhadap hasil belajar siswa serta karakter siswa. Penelitian ini di lakukan pada kelas IV SD I Karanganyar Demak tahun pelajaran 2012/2013, menggunakan quasi experimental dengan one group pretest posttest design. Data yang diperoleh menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran dari nilai rata- rata tes awal 53,8 meningkat men jadi 69,8 pada tes akhir. Hasil uji hipotesis menunjukkan perhitungant hitungsebesar 5,82 dengan t tabel 2,00 . Berdasarkan hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan mind mapping dalam pembelajaran IPA materi energi dikelas IV mempengaruhi hasil belajar siswa dan karakter siswa. Kata Kunci :Mind Mapping, Hasil Belajar dan Pembentukan Karakter Siswa

Item Type: Experiment
Kata Kunci: <ind mapping, hasil belajar dan pembentukan karakter siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Aug 2013 03:03
Last Modified: 31 Aug 2013 03:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1639

Actions (login required)

View Item View Item