Peningkatan ketrampilan membaca puisi dengan teknik pemodelan melalui media audiovisual

Masturi, - and Fathurohman, Irfai and roysa, mila and fajrie, nur (2013) Peningkatan ketrampilan membaca puisi dengan teknik pemodelan melalui media audiovisual. [Experiment] (Unpublished)

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
Bagian_Lampiran_depan.pdf - Accepted Version

Download (162kB)
[thumbnail of BAB I]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_1.pdf - Accepted Version

Download (98kB)
[thumbnail of BAB II]
Preview
PDF (BAB II)
BAB_2.pdf - Accepted Version

Download (151kB)
[thumbnail of BAB III]
Preview
PDF (BAB III)
BAB_3.pdf - Published Version

Download (117kB)
[thumbnail of BAB IV]
Preview
PDF (BAB IV)
BAB_4.pdf - Accepted Version

Download (858kB)
[thumbnail of BAB V]
Preview
PDF (BAB V)
BAB_5.pdf - Accepted Version

Download (54kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAK1.pdf - Accepted Version

Download (52kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Isi_lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB)

Abstrak

ABSTRAK Aspek keterampilan berbahasa yang salah satunya membaca, akan terdorong kemajuannya apabila diterapkan melalui penggunaan media yang ada. Keterampilan membaca puisi dapat dilakukan melalui media audiovisual . Gamba ran siswa terhadap penggunaan media akan semakin luas, bukan dari gurunya saja yang dijadikan sebagai sumber pembelajaran, melainkan melalui media - media yang sudah ada yang salahsatunya yaitu media audiovisual. Wujud nyata tentang kejadian - kejadian yang ad a di alam serta berbagai contoh yang ada pada materi pembelajaran akan menambah konsep pemikiran siswa bahwa membaca puisi dapat diberikan berbagai alternatif pilihan melalui media audiovisual. Rumusan masalah merupakan penuntun bagi langkah - langkah yang a kan dilakukan peneliti dalam kegiatan penelitiannya (Syamsuddin dan Pamaranti, 2006: 48). Berdasarkan latar belakang maka rumusan mas alah pada penelitian ini yaitu (1) a pakah penggunaan audiovisual dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas V SD Bulungcangkring kecamatan Jekulo Kudus , (2) b agaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca puisi melalui media audivisual pada siswa kelas V SD Bulungcangkring kecamatan Jekulo Kudus , (3) b agaimana pengaruh yang timbul ketika penerapan keter ampilan membaca puisi melalui audiovisual pada siswa kelas V SD Bulungcangkring kecamatan Jekulo Kudus . Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca puisi dengan menggunakan media audiovisual . Peningkatan ini dapat dilihat berdasarkan hasil tes membaca puisi yang dilakukan siswa kelas V SD N 5 Bulungcangkring Jekulo Kudus yang meliputi hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil tes pada siklus I menunjukkan nilai rata - rata kelas sebesar 50. Pada siklus II nilai rata - rata kelas meningkat menjadi 72,7, artinya terjadi peningkatan sebesar 22,7% dari siklus I ke siklus II dan hasil yang dicapai tersebut sudah memenuhi target yang telah ditetapkan. Peningkatan nilai rata - rata ini membuktikan keberhasilan pembelajaran membaca puisi dengan menggunakan media audiovisual

Item Type: Experiment
Dosen Pembimbing: edisi
Kata Kunci: audio visual, pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Aug 2013 02:42
Last Modified: 23 May 2014 03:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1643

Actions (login required)

View Item View Item