Penggunaan gambar ilustrasi sebagai media untuk melatih sosialisasi siswa pada pembelajaran IPS kelas 1 sekolah dasar (penelitian dilakaukan di SD 1 Purwosari kecamatan kota kabupaten Kudus)

Sunardi, - and Ismaya, Erik Aditia and Purbasari, Imaniar and Fajrie, nur (2013) Penggunaan gambar ilustrasi sebagai media untuk melatih sosialisasi siswa pada pembelajaran IPS kelas 1 sekolah dasar (penelitian dilakaukan di SD 1 Purwosari kecamatan kota kabupaten Kudus). [Experiment]

[img]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
Cover_depan_Penelitian_Sosialisasi_SD_Purwosari.pdf - Accepted Version

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_1.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstrak

Kelemahan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran IPS kelas 1 SD antara lain adalah sebagian guru kelas kurang menciptakan kondisi belajar yang dapat menumbuhkan daya kepekaan atau sensitivitas terhadap materi pelajaran yang diberikan kepada peserta didik untuk melatih sosialisasi terhadap lingkungannya. Penggunaan media pembelajaran pada materi IPS kelas 1 SD sangat diperlukan, karena muatan materinya mempunyai karakteristik kontekstual. Kunci pemecahan masalah dalam pembelajaran IPS kelas 1 SD, salah satu caranya dengan menggunakan media gambar. Penelitian dilaksanakan di SD I Purwosari Kecamatan Kota Kabupaten Kudus dengan menggunakan media gambar berupa gambar ilustrasi yang bertujuan menerangkan dan menjelaskan materi peristiwa yang dialami siswa di lingkungan keluarga, letak rumah dan menjelaskan rumah sehat serta perilaku dalam menjaga kebersihan rumah. Sikap dan perilaku yang sering dirasakan oleh peserta didik dalam sistem sosial dan budaya. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti disimpulkan 70 % hasil karya gambar ilustrasi siswa kelas I SD 1 Purwosari Kecamatan Kota Kabupaten Kudus memiliki tingkat interaksi dalam bersosialisasi dilingkungan keluarga, teman sebaya dan masyarakat sudah dikenal dengan baik. Sedangkan 55 % hasil karya gambar ilustrasi siswa SD 1 Purwosari Kecamatan Kota Kabupaten Kudus belum memiliki kreatifitas objek gambar atau dengan dengan kata lain perlu pelatihan menggambar secara khusus.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Gambar Ilustrasi, Media Pembelajaran, Sosialisasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Aug 2013 02:24
Last Modified: 31 Aug 2013 03:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1644

Actions (login required)

View Item View Item