Upaya meninkatkan prestasi belajar matematika siswa menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian kelas III MI NU wasilatul taqwa tenggeles kecamatan mejobo kabupaten Kudus tahun ajaran 2012/2013

rutoto, sabar and Bintoro, Henry Suryo and Oktavianti, Ika and sumaji, - Upaya meninkatkan prestasi belajar matematika siswa menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian kelas III MI NU wasilatul taqwa tenggeles kecamatan mejobo kabupaten Kudus tahun ajaran 2012/2013. [Experiment]

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (15kB)
[thumbnail of BAB I]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I__N.pdf - Accepted Version

Download (35kB)
[thumbnail of BAB II]
Preview
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (141kB)
[thumbnail of BAB III]
Preview
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (135kB)
[thumbnail of BAB IV]
Preview
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version

Download (419kB)
[thumbnail of BAB V]
Preview
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (8kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (15kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_TOTAL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Sebelum penelitian tindakan kelas dilaksanakan, prestasi belajar matematika siswa kelas III MI NU Wasilatut Taqwa pada materi operasi hitung perkalian terhitung rendah. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor : model pembelajaran masih konvensional, di mana siswa hanya menghafal dan mengingat konsep tanpa ada pengalaman belajar dalam menemukan konsep itu. Berdasarkan keadaan ini, penelitian tindakan kelas dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III MI NU Wasilatut Taqwa pada materi operasi hitung perkalian. Metode jarimatika adalah sebuah cara sederhana dan menyenangkan mengajarkan berhitung dasar kepada anak-anak menurut kaidah, dimulai dengan memahamkan secara benar terlebih dahulu tentang konsep bilangan, lambang bilangan, dan operasi hitung dasar, kemudian mengajarkan cara berhitung dengan jari-jari tangan. Prosesnya diawali, dilakukan dan diakhiri dengan gembira. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dengan mengambil data melalui pengamatan dan tes. Rata-rata skor tes prestasi belajar matematika siswa meningkat di setiap siklus. Pada siklus pertama rata-rata tes prestasi belajar matematika siswa adalah 74 meningkat menjadi 81 pada siklus kedua. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari 2,46 pada siklus pertama menjadi 3,13 pada siklus kedua. Sedangkan skor rata-rata pengelolaan pembelajaran guru meningkat dari 2,64 pada siklus pertama menjadi 2,68 pada siklus kedua. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III MI NU Wasilatut Taqwa pada materi operasi hitung perkalian.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Jarimatika, Perkalian, dan Prestasi Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Sep 2013 02:36
Last Modified: 13 Sep 2013 02:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1653

Actions (login required)

View Item View Item