Upaya meninkatkan prestasi belajar matematika siswa menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian kelas III MI NU wasilatul taqwa tenggeles kecamatan mejobo kabupaten Kudus tahun ajaran 2012/2013

rutoto, sabar dan Bintoro, Henry Suryo dan Oktavianti, Ika dan sumaji, - Upaya meninkatkan prestasi belajar matematika siswa menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian kelas III MI NU wasilatul taqwa tenggeles kecamatan mejobo kabupaten Kudus tahun ajaran 2012/2013. [Laporan penelitian]

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (14Kb) | Tinjau ulang
    [img]
    Tinjau ulang
    PDF (BAB I) - Accepted Version
    Download (34Kb) | Tinjau ulang
      [img]
      Tinjau ulang
      PDF (BAB II) - Accepted Version
      Download (138Kb) | Tinjau ulang
        [img]
        Tinjau ulang
        PDF (BAB III) - Accepted Version
        Download (132Kb) | Tinjau ulang
          [img]
          Tinjau ulang
          PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Download (409Kb) | Tinjau ulang
            [img]
            Tinjau ulang
            PDF (BAB V) - Accepted Version
            Download (8Kb) | Tinjau ulang
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
              Download (14Kb) | Tinjau ulang
                [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (1832Kb)

                  Abstrak

                  Sebelum penelitian tindakan kelas dilaksanakan, prestasi belajar matematika siswa kelas III MI NU Wasilatut Taqwa pada materi operasi hitung perkalian terhitung rendah. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor : model pembelajaran masih konvensional, di mana siswa hanya menghafal dan mengingat konsep tanpa ada pengalaman belajar dalam menemukan konsep itu. Berdasarkan keadaan ini, penelitian tindakan kelas dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III MI NU Wasilatut Taqwa pada materi operasi hitung perkalian. Metode jarimatika adalah sebuah cara sederhana dan menyenangkan mengajarkan berhitung dasar kepada anak-anak menurut kaidah, dimulai dengan memahamkan secara benar terlebih dahulu tentang konsep bilangan, lambang bilangan, dan operasi hitung dasar, kemudian mengajarkan cara berhitung dengan jari-jari tangan. Prosesnya diawali, dilakukan dan diakhiri dengan gembira. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dengan mengambil data melalui pengamatan dan tes. Rata-rata skor tes prestasi belajar matematika siswa meningkat di setiap siklus. Pada siklus pertama rata-rata tes prestasi belajar matematika siswa adalah 74 meningkat menjadi 81 pada siklus kedua. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari 2,46 pada siklus pertama menjadi 3,13 pada siklus kedua. Sedangkan skor rata-rata pengelolaan pembelajaran guru meningkat dari 2,64 pada siklus pertama menjadi 2,68 pada siklus kedua. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III MI NU Wasilatut Taqwa pada materi operasi hitung perkalian.

                  Tipe dokumen: Laporan penelitian
                  Uncontrolled Keywords: Jarimatika, Perkalian, dan Prestasi Belajar Matematika
                  Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                  Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                  Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                  Tanggal Deposit: 13 Sep 2013 09:36
                  Last Modified: 13 Sep 2013 09:36
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1653

                  Actions (login required)

                  View Item