Optimalisasi tugas polsek dalam penyelesaian perkara pidana melalui mediasi penal pasca di keluarkannya keputusan kapolri nomor kep/613/iii/2021. (studi kasus penyelesaian perkara tindak pidana di polsek kedung, polres jepara)

JUNEDI, ARIS (2022) Optimalisasi tugas polsek dalam penyelesaian perkara pidana melalui mediasi penal pasca di keluarkannya keputusan kapolri nomor kep/613/iii/2021. (studi kasus penyelesaian perkara tindak pidana di polsek kedung, polres jepara). Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian tesis ini berkaitan dengan Optimalisasi Tugas Polsek Dalam Penyelesaian Perkara Pidana Melalui Mediasi Penal Pasca Di Keluarkannya Keputusan Kapolri Nomor KEP/613/III/2021. (Studi Kasus Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Di Polsek Kedung, Polres Jepara). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum nondoktrinal. Dalam penelitan hukum ini Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif analitis, yang memaparkan permasalahan terkait dengan penguatan peran dan fungsi Kepolisian Sektor dalam Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian tesis ini merupakan pendekatan dengan yuridis-empiris. Pendekatan yuridis-empiris adalah suatu metode dengan prosedur yan digunakan untuk memecahkan masalah penelitian dengan menelitti data-data primer di lapangan. Jenis bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis bahan hukum primer dan sekunder. Metode pengumpulan bahan hukum yang digunakan penulis dalam penulisan tesis ini adalah studi lapangan dan studi kepustakaan. Metode analisis bahan hukum yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Artinya, bahan hukum yang telah terkumpul dianalisis untuk mendapatkan kejelasan terhadap masalah yang akan dibahas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dengan dikeluakannya Keputusan Kapolri Nomor KEP/613/III/2021, maka upaya optimalisasi yang dapat dilakukan oleh Polsek Kedung adalah melakukan peningkatan tugas pokok dalam melakukan upaya perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Terkait dengan penanganan perkara tindak pidana di Polsek Kedung sudah tidak melakukan tugas Penyidikan akan tetapi masih menerima adanya aduan perkaa tindak pidana. Upaya penanganan tindak pidana dilakukan dengan upaya mediasi penal, apabila mediasi berhasil maka permasalahan sudah selesai dengan dibuatkan surat pernyataan kesepakatan. Apabila mediasi tidak berhasil maka akan diaahkan untuk pelaporan kepada Polres Jepara. Implementasi fungsi Kepolisian Sektor sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta fungsi pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat pasca dikeluarkannya Keputusan Kapolri Nomor KEP/613/III/2021, adalah Terkait dengan tugas penegakan hukum yang dilakukan Polsek, maka, upaya implementasinya yaitu dengan melakukan upaya penegakan hukum terhadap perkara tindak pidana melalui mediasi penal. Mediasi penal bertujuan dalam rangka meningkatkan pencegahan adanya tindak pidana (upaya preventif). Peran yang sangat penting dalam upaya mediasi penal yang ada di tingkat Polsek, dapat dilakukan oleh Bhabinkamtibmas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dr.Hidayatullah,S.H.,M.Hum
Kata Kunci: POLSEK, Mediasi Penal, Tindak Pidana
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum negara
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 May 2022 19:18
Last Modified: 13 May 2022 19:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16639

Actions (login required)

View Item View Item