MENTARI, DILA FEBRI (2022) Perlindungan hukum bagi konsumen terhadap wanprestasi yang dilakukan pengembang perumahan di kabupaten kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (838kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (270kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (249kB) | Preview |
Abstrak
Skripsi yang berjudul “perlindungan hukum bagi konsumen terhadap wanprestasi yang dilakukan pengembang perumahan di kabupaten kudus” ini bertujuan untuk mengetahui Bentuk dan Pelaksanaan Perjanjian Antara Pihak Konsumen Dengan pihak pengembang perumahan (developer) di Kabupaten Kudus . Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Dalam hal teknik pengumpulan data penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah data diperoleh maka disusun secara sistematis, kemudian dianalisa sehingga memperoleh kejelasan dari permasalahan yang dibahas, selanjutnya, disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa Perlindungan konsumen akibat wanprestasi oleh pengembang perumahan (developer) di Kabupaten Kudus dilakukan demi menjamin hak-hak yang dimilik oleh konsumen. Wanprestasi yang dilakukan pengembang perumahan Graha Alka terhadap Ibu Kristin berupa keterlambatan penyerahan sertifikat rumah, sedangkan wanprestasi yang dilakukan terhadap Bapak Arifin berupa keterlambatan penyerahan rumah untuk ditempati. Bentuk penyelesain perlindungan konsumen akibat wanprestasi perumahan Graha Alka dengan Ibu Kristin dan Bapak Arifin dilakukan secara negosiasi kedua belah pihak, sedangkan penyelesaian antara pengembang perumahan Watu Putih yaitu Bapak Rudi dengan Ibu Susanti juga dilakukan secara negosiasi. Tujuan penyelesaian secara negosiasi untuk tetap menciptakan hubungan baik antara konsumen dan developer, selain itu untuk menghindari penambahan biaya apabila diselesaikan melalui jalur litigasi (peradilan).
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Suparnyo, S.H., M.S., 2. Yusuf Istanto, S.H., M.H., |
Kata Kunci: | Perlindungan Konsumen, Pengembang Perumahan. |
Subjects: | Hukum Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 16 May 2022 18:59 |
Last Modified: | 16 May 2022 18:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16663 |
Actions (login required)
View Item |