Perlindungan hukum bagi konsumen terhadap wanprestasi yang dilakukan pengembang perumahan di kabupaten kudus

MENTARI, DILA FEBRI (2022) Perlindungan hukum bagi konsumen terhadap wanprestasi yang dilakukan pengembang perumahan di kabupaten kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (838kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview

Abstrak

Skripsi yang berjudul “perlindungan hukum bagi konsumen terhadap wanprestasi yang dilakukan pengembang perumahan di kabupaten kudus” ini bertujuan untuk mengetahui Bentuk dan Pelaksanaan Perjanjian Antara Pihak Konsumen Dengan pihak pengembang perumahan (developer) di Kabupaten Kudus . Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Dalam hal teknik pengumpulan data penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah data diperoleh maka disusun secara sistematis, kemudian dianalisa sehingga memperoleh kejelasan dari permasalahan yang dibahas, selanjutnya, disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa Perlindungan konsumen akibat wanprestasi oleh pengembang perumahan (developer) di Kabupaten Kudus dilakukan demi menjamin hak-hak yang dimilik oleh konsumen. Wanprestasi yang dilakukan pengembang perumahan Graha Alka terhadap Ibu Kristin berupa keterlambatan penyerahan sertifikat rumah, sedangkan wanprestasi yang dilakukan terhadap Bapak Arifin berupa keterlambatan penyerahan rumah untuk ditempati. Bentuk penyelesain perlindungan konsumen akibat wanprestasi perumahan Graha Alka dengan Ibu Kristin dan Bapak Arifin dilakukan secara negosiasi kedua belah pihak, sedangkan penyelesaian antara pengembang perumahan Watu Putih yaitu Bapak Rudi dengan Ibu Susanti juga dilakukan secara negosiasi. Tujuan penyelesaian secara negosiasi untuk tetap menciptakan hubungan baik antara konsumen dan developer, selain itu untuk menghindari penambahan biaya apabila diselesaikan melalui jalur litigasi (peradilan).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Suparnyo, S.H., M.S., 2. Yusuf Istanto, S.H., M.H.,
Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Pengembang Perumahan.
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 May 2022 18:59
Last Modified: 16 May 2022 18:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16663

Actions (login required)

View Item View Item