Implementasi peraturan menteri sosial nomor 1 tahun 2018 tentang program keluarga harapan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di desa lau kecamatan dawe

ROFI’AH, NOOR (2022) Implementasi peraturan menteri sosial nomor 1 tahun 2018 tentang program keluarga harapan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di desa lau kecamatan dawe. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal.Judul.pdf - Published Version

Download (872kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview

Abstrak

Skripsi yang berjudul “IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI SOSIAL NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN UNTUK MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA LAU DI KECAMATAN DAWE” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui Implementasi Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Lau Kecamatan Dawe dan untuk mengetahui Solusi dalam mengatasi permasalahan Implemetasi Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan sehingga sasaran peningkatan kesejahteraan keluarga miskin dapat terwujud. Metode pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Dalam hal pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara deskriftif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa terdapat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan yang tidak tepat sasaran dan tepat sasaran. Sasaran KPM menurut Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan adalah keluarga atau seseorang yang miskin dan rentan miskin. Permasalahan-permasalahan Program Keluarga Harapan di Desa Lau yaitu data Keluarga Penerima Manfaat PKH di Desa Lau merupakan data yang diperoleh dari inisiatif dari Kepala Desa yang terdahulu tanpa melibatkan musyawarah desa dan peningkatan kemampuan keluarga yang dilaksanakan oleh Pendamping sosial PKH tidak pernah dilaksanakan. Solusi yang dapat dilakukan adalah penggalangan usulan data PKH baru yang merupakan himpunan data dari Rukun Tetangga atau Rukun Warga, Kepala Dusun, Lurah atau Kepala Desa dan kemudian dibahas di musyawarah desa bersama dengan BPD dan Tokoh Masyarakat kemudian data tersebut divalidasi oleh Pendamping PKH dan Pendamping sosial PKH wajib melakukan pertemuan rutin Keluarga Penerima Manfaat PKH dan Pemerintah Desa Lau berperan sebagai pengawas dalam kegiatan tersebut agar kegiatan tersebut selalu terlaksana.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Anggit Wicaksono,S.H,M.H. 2. Lidya Christina Wardhani,S.H,M.H,M.Kn.
Kata Kunci: Program Keluarga Harapan, Kesejahteraan Masyarakat, Kemiskinan
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum negara
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 May 2022 21:05
Last Modified: 16 May 2022 21:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16686

Actions (login required)

View Item View Item