Penyelesaian sengketa perebutan tanah balai desa antara pemerintah desa dengan warga di desa tlogomojo kecamatan batangan kabupaten pati (studi kasus putusan nomor 37/pdt.g/2019/pn pti)

Dewi, Wulandari (2022) Penyelesaian sengketa perebutan tanah balai desa antara pemerintah desa dengan warga di desa tlogomojo kecamatan batangan kabupaten pati (studi kasus putusan nomor 37/pdt.g/2019/pn pti). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstrak

Skripsi dengan judul Penyelesaian Sengketa Perebutan Tanah Balai Desa Antara Pemerintah Desa dengan Warga di Desa Tlogomojo Kecamatan Batangan Kabupaten Pati(Studi Kasus Putusan Nomor 37/Pdt.G/2019/PN. Pti) bertujuan untuk mengetahui Penyelesaian sengketa perebutan tanah balai desa antara pemerintah desa dengan warga dan Kendala dan upaya penyelesaian sengketa perebutan tanah balai desa antara pemerintah desa dengan warga di Desa Tlogomojo Kecamatan Batangan Kabupaten Pati yang dilakukan di Pengadilan Negeri Pati, Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yuridis normatif, spesifikasi penelitian yang digunakan peneliti deskriptif analitis, data yang digunakan data utamanya data primer dan data sekunder sebagai data pelengkap. Penyelesaian sengketa perebutan tanah balai desa antara pemerintah desa dengan warga di Desa Tlogomojo Kecamatan Batangan Kabupaten Pati diselesaikan melalui penyelesaian secara adat dengan cara musyawarah yang dilakukan di Balai Desa Tlogomojo Kecamatan Batangan Kabupaten Pati, namun tidak menemui kata sepakat antara Pemerintah Desa Tlogomojo yang diwakili oleh Sunoto sebagai Kepala Desa selaku Penggugat dengan Suherman selaku Tergugat. Karena dalam penyelesaian adat tidak ada kata sepakat antara pihak yang bersengketa, kemudian dilakukan penyelesaian di Pengadilan Negeri Pati, dan mediasi yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Pati juga tidak ada kata sepakat, sehingga menghasilkan Putusan Nomor 37/ Pdt.G/2019/PN Pti yang menyatakan bahwa tidak mempunyai hukum mengikat Sertifikat Hak Milik Nomor 247 atas nama Suherman atas obyek sengketa tanah seluas 15 x 15 m2 . Apabila mediasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Tlogomojo tiga kali berturut-turut tidak ada kata sepakat, eharusnya Pemerintah Desa Tlogomojo mengupayakan mediasi di Badan Pertanahan Nasional sesuai kewenangannya sebagaimana ketentuan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 21 Tahun 2020 tentang Penanganan dan Penyelesaian Kasus Pertanahan. Apabila penyelesaian yang dilakukan di BPN selama tiga kali berturut-turut juga tidak ada kata sepakat, maka dapat dilakukan penyelesaian di Pengadilan Tata Usaha Negara untuk membatalkan sertifikat, Sebab sertifikat merupakan produk hukum Instansi Pemerintah. Penyelesaian sengketa perebutan tanah balai desa antara pemerintah desa dengan warga di Desa Tlogomojo Kecamatan Batangan Kabupaten Pati yang dilakukan di Pengadilan Negeri Pati, kendala yang dihadapi para pihak adalah kurangnya bukti Akta Jual Beli Tanah, sehingga sulit untuk membuktikan adanya jual beli tanah seluas 125m2. Kendala yang dihadapi Hakim yaitu kegagalan ketika mediasi karena ketidakhadiran para pihak, keteguhan pendirian para pihak, dan kualitas mediator dengan upaya-upaya mediator yang netral, menyeimbangkan para pihak dan lebih banyak penawaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Kristiyanto, S.H., M.H 2. Lidya Christina Wardhani, S.H, M.H., M.Kn.,
Kata Kunci: Penyelesaian Sengketa, Pemerintah Desa, Tanah Desa.
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Perjanjian damai. Negosiasi, Kompromi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 May 2022 22:10
Last Modified: 16 May 2022 22:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16697

Actions (login required)

View Item View Item