tugas dan fungsi camat dalam monitoring dan evaluasi keuangan desa (studi kasus desa-desa di kecamatan dawe kabupaten kudus)

S U G I A R T O, S U G I A R T O (2022) tugas dan fungsi camat dalam monitoring dan evaluasi keuangan desa (studi kasus desa-desa di kecamatan dawe kabupaten kudus). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (742kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstrak

Fokus dalam penelitian ini adalah Tugas dan Fungsi Camat dalam Monitoring dan Evaluasi Keuangan Desa. Tujuan Praktis untuk mengetahui konsistensi pengelolaaan keuangan desa di wilayah Kecamatan Dawe yang berdasarkan ketentuan yang ada, dan untuk mengetahui bagaimana tugas dan fungsi Camat dalam melakukan monitoring dan evaluasi keuangan desa di wilayah Kecamatan Dawe. Sedangkan tujuan teoritis yaitu untuk menambah wawasan dalam ilmu hukum, khususnya di bidang Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara, serta memiliki gambaran yang jelas terkait pelaksanaan tugas dan fungsi Camat Dawe dalam monitorng sekaligus evaluasi pelaksanaan keuangan desa di wilayah Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Metode pendekatan dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian yuridis sosiologis. Spesifikasi Penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Analitis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Camat sudah melaksanakan tugas pokok fungsi nya dalam hal monitoring evaluasi terhadap tata kelola keuangan di desa dengan menyelenggarakan fasilitasi dan koordinasi serta menyelenggarakan bimbingan teknis yang outputnya aparatur pemerintah desa, dan meningkatkan kualitas aparatur pemerintah desa. (2) Dalam pelaksanaan tugas fungsinnya Camat secara efektif sudah berjalan dengan baik, namun Aparatur Pemerintah Desa belum menerima secara maksimal, dan dalam tata kelola manajemen keuangan desa telah dibantu dan dikawal oleh para pendamping desa dan pendamping lokal desa. (3) Dalam perencanaan dan pengawasan pengelolaan Keuangan dan dana desa masih kurangnya partisipasi masyarakat. Pemahaman aparatur desa terhadap pengelolaan dana desa sudah baik namun belum maksimal. (4) kemudian dalam pengumpulan dan penyusunan dokumen-dokumen pertanggungjawaban keuangan sudah tertata dengan baik namun sisi kualitas pertanggungjawabannya belum optimal. (5) Monitoring dan evaluasi Camat terhadap pengelolaan keuangan desa sangat diharapkan untuk mewujudkan pembangunan di desa secara bersih dan transparan, serta tepat dalam aturan sehingga tidak terjadi penyimpangan penggunaan anggaran di desa, (6) masyarakat mengharapkan pemerintah kabupaten dalam hal ini Bupati melalui Camat ikut mengawasi dalam hal penggunaan anggaran dan tata kelola keuangan desa, sehingga tidak ada tindak pidana korupsi di dalam pengelolaan keuangan desa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Kristiyanto, SH. MH Adissya Mega Christia, S.H, M.H
Kata Kunci: Tugas, Fungsi, Camat, Monitoring dan Evaluasi
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum negara
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 May 2022 19:23
Last Modified: 17 May 2022 19:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16708

Actions (login required)

View Item View Item