Kebijakan pemerintah daerah kabupaten jepara dalam pemungutan retribusi tempat pelelangan ikan sebagai bentuk pelayanan publik untuk kesejahteraan sosial nelayan

Nisa, Zahrotun (2022) Kebijakan pemerintah daerah kabupaten jepara dalam pemungutan retribusi tempat pelelangan ikan sebagai bentuk pelayanan publik untuk kesejahteraan sosial nelayan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (792kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (733kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (977kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview

Abstrak

Pemungutan retribusi TPI merupakan bentuk pelayanan publik atas fasilitas jasa dan pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah, juga nantinya akan dialokasikan untuk kepentingan kesejahteraan sosial nelayan. TPI Ujungbatu menyumbang retribusi terbesar diantara TPI lainnya yang ada di Jepara. Namun berdasarkan pemantauan dari Dinas masih terdapat beberapa kapal yang mendaratkan diluar TPI serta masih banyak nelayan dan bakul ikan di TPI Ujungbatu yang belum mengetahui pemungutan retribusi dan untuk apa dana tersebut digunakan seperti yang diatur dalam Peraturan Darah Kabupaten Jepara Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan. Pengalokasian dana retribusi digunakan untuk kepentingan sosial nelayan, pengelolaan TPI, dan pembinaan serta pengembangan TPI. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis-sosiologis, dengan spesifikasi penelitian hukum yang menggunakan metode data analisis deskriptif-kualitatif untuk menjelaskan masalah yang dibahas. Metode pengambilan sampling yang digunakan ialah purposive-sampling. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan oleh Penulis memberikan hasil. Pertama, pemungutan retribusi di TPI Ujungbatu berjalan cukup baik sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Pengelolan Tempat Pelelangan Ikan, namun tidak semua wajib retribusi mengetahui besaran tarif yang dibebankan kepadanya. Terkadang nelayan sebagai wajib retribusi merasa keberatan membayar retribusi karena merasa tidak sebanding dengan jasa dan fasilitas yang ia terima di TPI, untuk itu banyak nelayan yang memilih untuk memasarkan di luar TPI, hal tersebut dapat mempengaruhi retribusi. Kedua, pengelolaan TPI Ujungbatu dalam mengelola dana retribusi TPI berjaran kurang merata karena penggunaan dana retribusi ini tidak hanya dialokasikan untuk kepentingan nelayan dan fasilitas yang ada TPI Ujungbatu saja tetapi juga untuk ke-11 TPI lainnya yang ada di Jepara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Dra. Sulistyowati, S.H., C.N. 2. Anggit Wicaksono S.H., M.H.
Kata Kunci: Tempat pelelangan ikan, retribusi, kesejahteraan nelayan.
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Layanan publik. Petugas pemerintah. Pegawai negeri sipil.
Hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 May 2022 19:54
Last Modified: 17 May 2022 19:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16709

Actions (login required)

View Item View Item