Citra Asri Satriesna, Azizah (2022) hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa dalam belajar pada masa pandemi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (361kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (266kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (409kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa dalam belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP 1 Undaan Kudus. Pengambilan data sampel menggunakan teknik quota sampling dengan 100 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala keterlibatan siswa, skala efikasi diri, dan skala dukungan sosial orang tua. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan hasil nilai rx12y sebesar 0,863 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa dengan sumbangan efektif sebesar 74,4% sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa dalam penelitian ini diterima. Hipotesis minor pertama koefisien rx1y sebesar 0,850 dengan tingkat signifikansi p sebesar 0,000 (p<0,01) artinya adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan keterlibatan siswa dengan sumbangan efektif sebesar 72,2% sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan positif antara efikasi diri dengan keterlibatan siswa diterima. Adapun pada hipotesis minor kedua diperoleh koefisien rx2y sebesar 0,189 dengan tingkat signifikansi p sebesar 0,059 (p<0,05) artinya tidak ada hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa ditolak.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Trubus Raharjo, S.Psi., M.Psi., Ridwan Budi Pramono, S.Psi, M.A |
Kata Kunci: | Dukungan Sosial Orang Tua, Keterlibatan Siswa, dan Efikasi Diri |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan Ilmu Murni > QP Physiology |
Program Studi: | Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 18 May 2022 21:24 |
Last Modified: | 18 May 2022 21:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16743 |
Actions (login required)
View Item |