hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa dalam belajar pada masa pandemi

Citra Asri Satriesna, Azizah (2022) hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa dalam belajar pada masa pandemi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa dalam belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP 1 Undaan Kudus. Pengambilan data sampel menggunakan teknik quota sampling dengan 100 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala keterlibatan siswa, skala efikasi diri, dan skala dukungan sosial orang tua. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan hasil nilai rx12y sebesar 0,863 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa dengan sumbangan efektif sebesar 74,4% sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa dalam penelitian ini diterima. Hipotesis minor pertama koefisien rx1y sebesar 0,850 dengan tingkat signifikansi p sebesar 0,000 (p<0,01) artinya adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan keterlibatan siswa dengan sumbangan efektif sebesar 72,2% sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan positif antara efikasi diri dengan keterlibatan siswa diterima. Adapun pada hipotesis minor kedua diperoleh koefisien rx2y sebesar 0,189 dengan tingkat signifikansi p sebesar 0,059 (p<0,05) artinya tidak ada hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa ditolak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr. Trubus Raharjo, S.Psi., M.Psi., Ridwan Budi Pramono, S.Psi, M.A
Kata Kunci: Dukungan Sosial Orang Tua, Keterlibatan Siswa, dan Efikasi Diri
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
Ilmu Murni > QP Physiology
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 May 2022 21:24
Last Modified: 18 May 2022 21:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16743

Actions (login required)

View Item View Item