Analisis pengaruh faktor fundamental kepemilikan institusional dan capital structure terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan perdagangan sub sektor advertising, printing, dan media yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2014-2020

Mauliddiyah, Mitha (2022) Analisis pengaruh faktor fundamental kepemilikan institusional dan capital structure terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan perdagangan sub sektor advertising, printing, dan media yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2014-2020. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung kepemilikan institusional, capital structure terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan perdagangan sub sektor advertising, printing, dan media yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2020. Institusional Ownership digunakan sebagai proksi kepemilikan institusional, Debt Equity Ratio digunakan sebagai proksi capital structure, profitabilitas diproksikan dengan menggunakan Return On Assets, dan price book value digunakan sebagai proksi nilai perusahaan. Penelitian menggunakan data sekunder yang diambil dari website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor advertising, printing, dan media yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2020. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu nilai perusahaan dan variabel intervening dalam penelitian ini yaitu profitabilitas. Sedangkan variabel independen pada penelitian ini yaitu kepemilikan institusional dan capital structure. Metode yang digunakan adalah metode persamaan structural equation modeling (SEM) yang diolah dengan SmartPLS versi 3.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepemilikan institusional dan capital structure berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, kepemilikan institusional dan capital structure berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan untuk pengaruh tidak langsung kepemilikan institusional dan capital structure terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas menunjukkan hasil positif dan tidak signifikan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Supriyono, SE, MM Dosen Pembimbing : 2. Etni Marliana, SE, M.GES
Kata Kunci: Kepemilikan institusional, capital structure, profitabilitas, dan nilai perusahaan.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi > Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Dec 2022 19:41
Last Modified: 02 Dec 2022 19:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16866

Actions (login required)

View Item View Item