The effectiveness of comic strips as a media to teach vocabulary mastery of the seventh grade of mts tahassus welahan jepara

Isfara, Khilma (2022) The effectiveness of comic strips as a media to teach vocabulary mastery of the seventh grade of mts tahassus welahan jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (771kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
CHAPTER III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
CHAPTER V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
CHAPTER VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
REFERENCES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstrak

Empat kemampuan bahasa dalam bahasa Inggris adalah berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Siswa perlu memiliki kosakata yang banyak untuk mengetahui keempat keterampilan tersebut. Tanpa banyak kosakata dan metode untuk mempelajari kata-kata baru, siswa sering menerima kurang dari potensi mereka. Dalam hal ini, peneliti menggunakan comik strip sebagai media, karena komik strip membuat para siswa lebih senang dan imajinatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam penguasaan kosakata siswa kelas tujuh MTs Tahassus Welahan Jepara sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan comic strips. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tujuh MTs Tahassus Welahan Jepara pada tahun 2021/2022. Peneliti mengambil kelas 7A sebagai sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Berdasarkan hasil yang diperoleh, rata-rata post-test adalah 75.5 dan rata-rata nilai pre-test adalah 65.5. Tabel-t dengan taraf signifikansi (α) 0.05 dengan tingkat kebebasan (df) n-1 = 24-1 = 23 adalah 2. 06866. Hasil t-hitung menunjukkan bahwa uji-t adalah 9.789 dan t-tabel adalah 2.06866. Artinya ada perbedaan yang signifikan dalam penguasaan kosakata siswa kelas tujuh MTs Tahassus Welahan Jepara sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan comik strip. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa menggunakan comik strip merupakan media yang efektif bagi siswa kelas tujuh SMP untuk meningkatkan penguasaan kosakata.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dr. Slamet Utomo, M.Pd Dosen Pembimbing 2. Atik Rokhayati, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Vocabulary Mastery, Comic Strips, Vocabulary Teaching Media.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Dec 2022 20:05
Last Modified: 08 Dec 2022 23:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17075

Actions (login required)

View Item View Item