Tamara, Layli Intan (2022) Students’ problems in pronouncing interdental and palate alveolar consonants (a case of eighth semester students of english education department At universitas muria kudus in academic year 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Pengucapan yang benar harus dicapai ketika belajar bahasa Inggris. peneliti menemukan dalam observasi awal bahwa mahasiswa bahasa Inggris di semester delapan mengalami kesulitan dalam melafalkan konsonan palate alveolar dan interdental. Bahasa Inggris Konsonan interdental dan palato alveolar terdapat bunyi frikatif dan afrikatif [θ], [ð],[ʤ], [ʃ], [ʧ], [ʒ] yang tidak ada dalam tata bunyi bahasa Indonesia. Kosasih (2017) percaya bahwa masalah yang dihadapi siswa dalam belajar pengucapan bahasa Inggris terutama karena gangguan bahasa ibu mereka. Penelitian ini berfokus pada masalah yang dihadapi siswa dalam melafalkan bunyi bahasa Inggris Interdental dan palate alveolar. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui siswa dalam memecahkan masalah pengucapan konsonan interdental dan palate alveolar. Peneliti menggunakan desain studi kasus kualitatif untuk menginterpretasikan data dalam penelitian ini. Kuesioner terbuka dan wawancara mendalam digunakan untuk mendapatkan hasil yang lebih dalam. Berbagai tahapan pengolahan data terlibat dalam memperoleh data, seperti mengumpulkan data, mengklasifikasikan data, memverifikasi data, dan menarik kesimpulan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester delapan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam melafalkan bunyi interdental dan palate alveolar adalah bahasa ibu siswa (Bahasa Indonesia), pengenalan bahasa inggris bunyi interdental dan palate alveolar (kemampuan fonetik bawaan), motivasi dan memperhatikan pengucapan yang baik, kemudian eksposur (pengalaman siswa tinggal diluar negeri). Mengenai cara mereka dalam belajar pengucapan banyak siswa mencoba menjadi penutur asli yang ahli dengan berlatih dan berbicara lantang dalam setiap kondisi dengan beberapa media yang mereka memiliki waktu yang cukup dalam belajar pengucapan dengan cara ini. Di akhir penelitian ini, peneliti menyarankan mahasiswa agar lebih memberi perhatian pada pengucapan mereka. Mahasiswa diharapkan lebih banyak berlatih berbicara melalui semua kegiatan. Menerapkan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari akan
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Dr. Sri Surachmi, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Nuraeningsih, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | English Consonants, Interdental and Palate alveolar, pronunciation, Students’problems. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 20:16 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 23:04 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17078 |
Actions (login required)
View Item |