Improving the tenth grade students ability in writing descriptive text through the implementation of the raft strategy (role-audience-format-topic) at ma mu’allimat nu kudus

Novia, Lisa Fidia (2022) Improving the tenth grade students ability in writing descriptive text through the implementation of the raft strategy (role-audience-format-topic) at ma mu’allimat nu kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Menulis teks deskriptif merupakan pelajaran yang sangat penting bagi siswa kelas X MA Mu'allimat. Menulis teks deskriptif merupakan bagian dari keterampilan menulis yang harus diperhatikan. Namun proses pembelajaran yang dilakukan di MA Mu'allimat adalah pembelajaran yang berpusat pada guru. Sehingga siswa kurang aktif, ada yang mendengarkan dan ada yang tidak memperhatikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berpendapat perlu adanya peningkatan proses pembelajaran pada siswa kelas X MIPA 2 MA Mu'alimat. Dan peneliti mengusulkan untuk menggunakan strategi tertentu agar siswa dapat berperan aktif dan memudahkan siswa untuk memahami dan menulis teks deskriptif dengan jelas. Dan strategi RAFT (Role-Audience-Format-Topic) merupakan salah satu dari beberapa strategi menulis yang diyakini dapat membantu siswa dalam menulis teks deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan strategi RAFT (Role-Audience-Format-Topic) dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas X IPA 2 MA Mu'allimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023 . Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Peneliti dan guru melakukan penelitian kolaboratif dimana guru mengajar siswa dan peneliti mengamati aktivitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian, peneliti menggunakan dua instrumen, yaitu angket dan tes. Hasil penelitian ini adalah, kemampuan menulis siswa dalam menulis teks deskriptif meningkat dari pra tindakan, siklus 1, dan siklus 2. Pada pra tindakan nilai rata-rata kemampuan menulis siswa adalah 54,52, pada siklus 1 adalah 74 dan pada siklus 2 adalah 84, 43. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan strategi RAFT (Role-Audience-Format-Topic) dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X IPA 2 MA Mu'allimat NU Kudus tahun 2022 tahun ajaran/2023. Terakhir, peneliti dapat memberikan beberapa saran: Pertama, guru dapat menggunakan strategi RAFT (Role-Audience-Format-Topic) sebagai strategi dalam mengajar menulis dengan penyempitan tema sebelumnya. Kedua, siswa dapat menggunakan strategi ini untuk membantu menemukan gagasan utama dalam menulis teks deskriptif. Ketiga, peneliti selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi dan diharapkan dapat dikolaborasika n dengan strategi lain agar peran siswa lebih merata.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Rusian, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Mutohhar, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Writing Ability, RAFT (Role-Audience-Format-Topic) Strategy, Descriptive Text
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Dec 2022 20:57
Last Modified: 08 Dec 2022 23:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17085

Actions (login required)

View Item View Item