Implementation of teaching reading recount text by using comic strips ( a classroom action research at the tenth graders of smkn 3 pati In 2021/2022 academic year)

Handani, Erlina Fatikha (2022) Implementation of teaching reading recount text by using comic strips ( a classroom action research at the tenth graders of smkn 3 pati In 2021/2022 academic year). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan pra-observasi, peneliti menemukan bahwa guru tidak mampu mengelola kelas dan siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu, ia ingin melakukan penelitian untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh guru dan siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman membaca teks recount siswa yang diajarkan dengan menggunakan komik strip dan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran membaca teks recount dengan menggunakan komik strip pada siswa kelas X SMKN 3 Pati tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini dilakukan di kelas X Kecantikan 1, jumlah siswa di kelas ini adalah 34. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes siswa pada pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 memiliki nilai yang berbeda secara signifikan. Pada pra siklus nilai rata-ratanya adalah 52, meningkat pada siklus 1 dan siklus 2 dengan nilai rata-ratanya adalah 72 dan 83. Selain itu, siswa yang mampu menyelesaikan KKM meningkat dari pra siklus sebesar 5.8%. Pada siklus 1 sebesar 47% dan pada siklus 2 sebesar 79%. Cara guru membagikan materi dan mengelola kelas sangat baik pada siklus 2. Hal ini juga membuat siswa lebih aktif dalam membaca kelas. Dari temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan komik strip dapat diterapkan dalam pengajaran membaca teks recount. Selain itu, penerapan penggunaan komik strip ini menarik minat siswa di kelas membaca.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dr. Rismiyanto, S.S, M.Pd Dosen Pembimbing 2. Titis Sulistyowati, S.S, M.Pd
Kata Kunci: Reading Comprehension, Recount Text, Comic Strips
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Dec 2022 21:09
Last Modified: 08 Dec 2022 23:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17087

Actions (login required)

View Item View Item