Ma'unah, Jaoharotun Nur (2022) Students’ autonomy in learning english beyond classroom (a case of english education department students of universitas muria kudus). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Mahasiswa berbeda dari siswa sekolah dalam hal otonom dalam belajar. Mahasiswa memiliki tanggung jawab yang lebih besar terhadap dirinya sendiri dalam mengontrol pembelajarannya, mencari tahu materi, mengembangkan kompetensi dan pengetahuannya. Otonomi belajar itu sendiri adalah kemampuan untuk bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan otonomi mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris di luar kelas khususnya mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kuesioner terbuka dan wawancara semi-struktur sebagai instrumen penelitian. Sumber data adalah 42 mahasiswa semester dua sampai delapan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat 10 dari 15 kegiatan otonom dalam belajar bahasa Inggris di luar kelas yang sering dilakukan oleh lebih dari setengah dari 42 siswa berdasarkan angket. Mereka juga menambahkan 5 aktivitas berbeda dalam wawancara mereka. Hal ini menunjukkan bahwa siswa memiliki keterlibatan yang tinggi dalam kegiatan belajar bahasa Inggris otonom di luar kelas. Mereka berhasil mengambil alih pembelajaran bahasa Inggris di luar kelas, dan mencapai keseimbangan penggunaan bahasa reseptif dan produktif. Berdasarkan hasil angket dan wawancara, peneliti menyimpulkan bahwa siswa secara proaktif belajar mandiri di luar kelas.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Dr. Drs. Slamet Utomo, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Rusiana, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Learner Autonomy, Autonomous Learning, Learning Beyond Classroom, English Language Learning |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 21:46 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 23:33 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17093 |
Actions (login required)
View Item |