Istiana, Ulfa (2022) An analysis of task questions in seventh-grade English online learning module by using Revised bloom’s taxonomy. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran online, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah merilis modul pembelajaran online. Modul ini terdiri dari beberapa kegiatan, salah satunya adalah menjawab pertanyaan. Pertanyaan dapat digunakan untuk mengevaluasi pengetahuan siswa dan meninjau isi materi pelajaran. Menganalisis pertanyaan dalam modul siswa diperlukan untuk memastikan bahwa pertanyaan tersebut berkualitas dan dapat digunakan sebagai alat untuk merangsang berpikir kritis dan mengevaluasi pemahaman siswa. Sobral (2021) menyatakan bahwa taksonomi Bloom adalah alat yang ampuh yang berguna untuk mempersepsikan tingkat kolega maupun tingkat akreditasi dan penilaian pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori domain kognitif dan tingkat proses berpikir menurut revisi taksonomi Bloom yang digunakan dalam tugas pertanyaan modul pembelajaran jarak jauh bahasa Inggris kelas tujuh. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan content analysis sebagai alat untuk menganalisis pertanyaan-pertanyaan dalam modul pembelajaran online bahasa Inggris kelas tujuh berdasarkan Taksonomi Bloom yang direvisi. Data penelitian ini adalah soal-soal yang terdapat pada modul pembelajaran online bahasa Inggris kelas tujuh yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2020 Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada empat domain kognitif yang digunakan dalam pertanyaan modul pembelajaran online bahasa Inggris kelas tujuh. 50,41% soal menggunakan ranah kognitif remembering, 40,65% soal menggunakan ranah kognitif understanding, 0,81% soal termasuk ranah kognitif applying dan 8,13% soal ranah kognitif analyzing. Hasil penelitian juga menunjukkan dua tingkat proses berpikir dalam pertanyaan modul pembelajaran online bahasa Inggris kelas tujuh. 91,87% pertanyaan tersebut tergolong LOTS atau Low Order Thinking Skill yang ditemukan. Sedangkan 8.13% tergolong HOTS atau High Order Thinking Skill. Diharapkan untuk modul atau buku ajar siswa selanjutnya penulis dapat menambahkan lebih banyak lagi soal-soal yang termasuk soal HOTS agar dapat mendorong kemampuan berpikir siswa yang lebih tinggi. Peneliti juga berharap para guru lebih selektif dalam memilih buku siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1.Dr.Fitri Budi Suryani,S.S.,M.Pd Dosen Pembimbing : 2.Dr.Slamet Utomo,M.Pd |
Kata Kunci: | English module, Questions, Revised Bloom’s taxonomy |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 11 Dec 2022 18:52 |
Last Modified: | 11 Dec 2022 18:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17099 |
Actions (login required)
View Item |