The readability level of the reading texts in “pathway to english” by erlangga for xi grade of senior high school

Istikhomah, Rohmanita Riski (2022) The readability level of the reading texts in “pathway to english” by erlangga for xi grade of senior high school. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Dafatr Pustaka]
Preview
Text (Dafatr Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini focus terhadap tingkat keterbacaan dari teks bacaan di buku paket terbitan Erlangga, yang merupakan buku pegangan yang biasa digunakan disekolah sebagai sumber materi tertulis dan biasa digunakan para guru untuk menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan dari teks bacaan di “Pathway to English ” untuk kelas 11 Sekolah Menengah Keatas terbitan Erlangga (2017) untuk Kelompok Peminatan. Penelitian ini termasuk penelitian descriptive quantitative. Penilaian tingkat keterbacaan bertujuan untuk menyetarakan tingkat keterbacaan dari suatu teks dengan tingkat pemahaman pembaca. Objek penelitian ini ialah teks bacaan di “Pathway to English ” untuk kelas 11 Sekolah Menengah Keatas terbitan Erlangga (2017) untuk Kelompok Peminatan. Dan Flesch Reading Ease digunakan untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa, 17 dari 20 teks bacaan dapat dibaca atau dimengerti oleh kelas 11 Sekolah Menengah Keatas, 2 teks bacaan ditujukan untuk tingkat 13 sampai 16 (Mahasiswa), dan 1 teks bacaan ditujukan untuk tingkat Sarjana. Dan rata-rata dari skor keterbacaan dari buku paket tersebut menunjukkan 62,88, dimana dapat dikategorikan ke tingkat keterbacaan Standart dan dapat dibaca dan dimengerti oleh kelas 10 sampai kelas 12. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa buku paket “Pathway to English ” untuk kelas 11 Sekolah Menengah Keatas terbitan Erlangga (2017) untuk Kelompok Peminatan cocok untuk kelas 11 Sekolah Menengah Keatas. Oleh karena itu, peneliti berharap agar penelitian ini dapat digunakan oleh para guru dalam memilih teks bacaan mana yang cocok untuk para siswa sesuai dengan level pemahaman mereka, dan juga untuk peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi yang membahas topik dan masalah yang sama.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Drs,Muh Syafei,M.Pd Dosen Pembimbing : 2.Nuraeningsih,S.Pd,M.Pd
Kata Kunci: Tingkat Keterbacaan, Teks Bacaan, Flesch Reading Ease
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Dec 2022 19:13
Last Modified: 11 Dec 2022 19:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17102

Actions (login required)

View Item View Item