Putri, Della Futika (2022) Lexical collocations in the dialogue texts written by the eleventh grade students of Man 1 kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Kolokasi adalah salah satu materi tata bahasa dalam pelajaran Bahasa Inggris yang diajarkan oleh guru Bahasa Inggris kepada para siswa di jenjang SMA. Oleh karena itu, penting untuk menganalisis tingkat pemahaman siswa setelah mempelajari materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks dialog menggunakan kolokasi leksikal serta untuk mengetahui jenis kolokasi leksikal yang paling banyak ditemukan. Ada tujuh jenis kolokasi leksikal yang dijadikan sebagai landasan teori dalam penelitian ini, yaitu kata kerja dengan preposisi + kata benda ataupun kata ganti, kata kerja + kata benda, kata sifat + kata benda, kata benda + kata kerja, kata benda + kata benda, kata keterangan + kata sifat, dan kata kerja + kata keterangan. Dalam penelitian ini, penulis menerapkan pendekatan kualitatif. Lebih rincinya, kualitatif deskriptif digunakan sebagai desain penelitian. Penulis melakukan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Partisipan dalam penelitian ini adalah para siswa kelas XI MIPA 6 di MAN 1 Kudus pada tahun pelajaran 2021/2022. Penulis telah menganalisis 13 teks dialog yang ditulis oleh para siswa secara berpasangan. Penemuan mengungkapkan bahwa para siswa memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menulis teks dialog menggunakan kolokasi leksikal. Lebih jauhnya, ada 7 jenis kolokasi leksikal yang ditemukan, yaitu kata kerja dengan preposisi + kata benda ataupun kata ganti (8.93%), kata kerja + kata benda (19.64%), kata sifat + kata benda (35.71%), kata benda + kata kerja (1.79%), kata benda + kata benda (25%), kata keterangan + kata sifat (1.79%), dan kata kerja + kata keterangan (7.14%). Sehingga, jenis kolokasi leksikal yang paling banyak ditemukan adalah kata sifat + kata benda dengan prosentase 35.71%. Selain itu, disarankan kepada guru Bahasa Inggris maupun para siswa untuk melakukan lebih banyak praktek baik dalam menulis maupun berbicara menggunakan kolokasi leksikal. Hal tersebut diharapkan untuk mengurangi kesalahan, menambah kosa kata siswa, dan meningkatkan pengetahuan tentang kolokasi leksikal. Disarankan juga kepada para peneliti selanjutnya untuk memfokuskan pada jumlah kolokasi leksikal yang akan ditulis oleh para siswa. Hal ini bertujuan untuk menciptakan validitas dan untuk menyeimbangkan kemampuan siswa secara keseluruhan dalam menulis, bukan tiap sepasang siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1.Drs.Muh.Syafei,M.Pd Dosen Pembimbing : 2.Mutohhar,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Kolokasi Leksikal, Teks Dialog, Kemampuan Menulis Siswa. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 11 Dec 2022 19:22 |
Last Modified: | 11 Dec 2022 19:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17104 |
Actions (login required)
View Item |