Lexical collocations in the dialogue texts written by the eleventh grade students of Man 1 kudus

Putri, Della Futika (2022) Lexical collocations in the dialogue texts written by the eleventh grade students of Man 1 kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Kolokasi adalah salah satu materi tata bahasa dalam pelajaran Bahasa Inggris yang diajarkan oleh guru Bahasa Inggris kepada para siswa di jenjang SMA. Oleh karena itu, penting untuk menganalisis tingkat pemahaman siswa setelah mempelajari materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks dialog menggunakan kolokasi leksikal serta untuk mengetahui jenis kolokasi leksikal yang paling banyak ditemukan. Ada tujuh jenis kolokasi leksikal yang dijadikan sebagai landasan teori dalam penelitian ini, yaitu kata kerja dengan preposisi + kata benda ataupun kata ganti, kata kerja + kata benda, kata sifat + kata benda, kata benda + kata kerja, kata benda + kata benda, kata keterangan + kata sifat, dan kata kerja + kata keterangan. Dalam penelitian ini, penulis menerapkan pendekatan kualitatif. Lebih rincinya, kualitatif deskriptif digunakan sebagai desain penelitian. Penulis melakukan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Partisipan dalam penelitian ini adalah para siswa kelas XI MIPA 6 di MAN 1 Kudus pada tahun pelajaran 2021/2022. Penulis telah menganalisis 13 teks dialog yang ditulis oleh para siswa secara berpasangan. Penemuan mengungkapkan bahwa para siswa memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menulis teks dialog menggunakan kolokasi leksikal. Lebih jauhnya, ada 7 jenis kolokasi leksikal yang ditemukan, yaitu kata kerja dengan preposisi + kata benda ataupun kata ganti (8.93%), kata kerja + kata benda (19.64%), kata sifat + kata benda (35.71%), kata benda + kata kerja (1.79%), kata benda + kata benda (25%), kata keterangan + kata sifat (1.79%), dan kata kerja + kata keterangan (7.14%). Sehingga, jenis kolokasi leksikal yang paling banyak ditemukan adalah kata sifat + kata benda dengan prosentase 35.71%. Selain itu, disarankan kepada guru Bahasa Inggris maupun para siswa untuk melakukan lebih banyak praktek baik dalam menulis maupun berbicara menggunakan kolokasi leksikal. Hal tersebut diharapkan untuk mengurangi kesalahan, menambah kosa kata siswa, dan meningkatkan pengetahuan tentang kolokasi leksikal. Disarankan juga kepada para peneliti selanjutnya untuk memfokuskan pada jumlah kolokasi leksikal yang akan ditulis oleh para siswa. Hal ini bertujuan untuk menciptakan validitas dan untuk menyeimbangkan kemampuan siswa secara keseluruhan dalam menulis, bukan tiap sepasang siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Drs.Muh.Syafei,M.Pd Dosen Pembimbing : 2.Mutohhar,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Kolokasi Leksikal, Teks Dialog, Kemampuan Menulis Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Dec 2022 19:22
Last Modified: 11 Dec 2022 19:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17104

Actions (login required)

View Item View Item