Students’ perceptions of pomodoro learning technique for english learning habits in english course of ukir village

Chalimah, Aniqotul (2022) Students’ perceptions of pomodoro learning technique for english learning habits in english course of ukir village. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Untuk mengembangkan kebiasaan belajar yang baik, siswa harus menggunakan setidaknya satu teknik yang dapat membantu mereka dalam mengembangkan kebiasaan belajar mereka. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti salah satu teknik belajar yang disebut teknik belajar Pomodoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa kursus Bahasa Inggris Elysian terhadap penggunaan teknik belajar bahasa Inggris Pomodoro dalam membangun kebiasaan belajar bahasa Inggris mereka dan bagaimana teknik belajar bahasa Inggris Pomodoro mempengaruhi kebiasaan belajar bahasa Inggris mereka. Teknik belajar Pomodoro adalah salah satu manajemen waktu yang menggunakan timer untuk membagi pekerjaan menjadi interval, satu putaran terdiri dari periode kerja 25 menit diikuti dengan istirahat 5 menit. Siswa akan fokus pada studi mereka ketika mereka menggunakan teknik ini. Teknik belajar Pomodoro meminimalkan gangguan, terutama yang disebabkan oleh gangguan digital, seperti penggunaan ponsel selama sesi belajar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah lima orang siswa kursus bahasa Inggris Elysian di Desa Ukir. Sebagai instrumen penelitian, peneliti menggunakan wawancara semi terstruktur dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa merasa teknik bbelajar Pomodoro sebagai teknik yang efektif untuk memperbaiki kebiasaan belajar bahasa Inggris mereka. Beberapa aspek dari kebiasaan belajar siswa yang mengalami peningkatan diantaranya, fokus, disiplin, konsentrasi, produktifitas, dan motivasi. Menurut mereka, aturan teknik belajar Pomodoro mudah untuk diikuti. Hasil dari survey Likert-scale menunjukan bahwa teknik belajar Pomodoro memperbaiiki dan mempengaruhi hampir seluruh indicator dari kebiasaan belajar siswa. Indikatornya yaitu manajemen waktu, konsentrasi, disiplin, pengendalian diri, dan peningkatan diri. Berdasarkan hasil survey, rating setuju mendapatkan respon yang paling banyak yaitu 47. Hasil ini menyatakan bahwa teknik belajar Pomodoro memperbaiki kebiasaan belajar siswa. Jadi dapat dikatakan bahwa teknik belajar Pomodoro efektif. Hasil akhir dari indikator didasarkan pada descriptive rating scale. Oleh karena itu, peneliti berharap penelitian ini dan dijadikan sebagai refernsi untuk peneliti selanjutnya yang ingin meneliti topic yang sama. Dan untuk para siswa, peneliti berharap penelitian ini dapat memotivasi siswa untuk memperbaiki kebiasaan belajar mereka.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr.Drs.Slamet Utomo,M.Pd Dosen Pembimbing : 2.Agung Dwi Nurcahyo,S.S.,M.Pd
Kata Kunci: Persepsi Siswa, Teknik Belajar Pomodoro, Kebiasaan Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Dec 2022 19:30
Last Modified: 11 Dec 2022 19:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17106

Actions (login required)

View Item View Item