Saputri, Laili Dwi (2022) Nonverbal communication in english teaching process at sma n 1 kudus in academic year 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL (Recovered).pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (226kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (225kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Dalam proses belajar mengajar, guru dan siswa harus memiliki komunikasi. Komunikasi memiliki dua jenis yaitu komunikasi verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal tidak dapat bekerja tanpa komunikasi nonverbal yang mendukung komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis komunikasi nonverbal yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dan juga untuk mengetahui dampak komunikasi nonverbal kepada siswa yang digunakan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif khususnya studi kasus yang menggunakan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat jenis komunikasi nonverbal yang digunakan oleh guru; gerakan tubuh, paralanguage, presentasi pribadi dan proksemik. Komunikasi nonverbal memberikan beberapa dampak kepada siswa ada siswa yang merasa termotivasi, nyaman dan membuat lingkungan yang percaya diri di kelas selama proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyarankan agar guru harus menerapkan jenis-jenis komunikasi nonverbal selama proses pembelajaran agar siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1.Dr. Fitri Budi Suryani, S.S.M.Pd Dosen Pembimbing : 2.Fajar Kartika, S.S, M.Hum. |
Kata Kunci: | komunikasi nonverbal, pengajarab bahasa inggris, proses pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 11 Dec 2022 19:36 |
Last Modified: | 11 Dec 2022 19:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17107 |
Actions (login required)
View Item |