Jamiliany, Rachma Audina (2022) Code switching used by an english teacher in an english class of the second grade of man 1 jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstrak
Dalam masyarakat dwibahasa atau multibahasa terjadi fenomena yang disebut alih kode. Alih kode digambarkan sebagai alih kode dwibahasa. Ketika penutur dwibahasa mengalami kesulitan, penutur mengubah bahasanya dari satu kode ke kode lainnya agar dapat saling memahami dengan latar belakang bahasa yang sama. Dalam masyarakat, individu yang menggunakan lebih dari satu bahasa dapat mengubah kode untuk menemukan arti atau tujuan yang ingin disampaikan. sehingga alih kode dalam masyarakat dapat menjadi kebutuhan dalam berkomunikasi. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Jepara dan khusus untuk kelas 2 MAN 1 Jepara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis alih kode, fungsi alih kode, dan alasan guru menggunakan alih kode dalam proses belajar mengajar di MAN 1 Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris di MAN 1 Jepara. Data dari penelitian ini diambil dengan observasi dan wawancara. Dari hasil observasi penulis membuat transkip dari video observasi yang telah dilakukan. Kemudian penulis mengidentifikasikan tipe-tipe, fungsi dan alasan dari alih kode. Hasil penelitian menunjukan bahwa intra-sentential adalah tipe yang mendominasi digunakan oleh guru bahasa inggris. Dari ketiga fungsi terbanyak yang digunakan oleh guru adalah repetitive functions. Dan alasan guru menggunakan code switching dalam proses belajar mengajar adalah untuk mengklarifikasi apa yang diucapkan oleh guru. Oleh karena itu, peneliti berharap kepada guru sebaiknya guru untuk mengurangi dan membatasi penggunaan alih kode dalam proses belajar mengajar di kelas. Sehingga siswa termotivasi dalam belajar bahasa Inggris.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1.Dr.A.Hilal Madjdi,S,Pd.M.Pd Dosen Pembimbing : 2.Nuraeningsih,S.Pd,M.Pd |
Kata Kunci: | Sosiolinguistik, Alih Kode, Jenis, Alasan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 20:00 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 20:00 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17112 |
Actions (login required)
View Item |