Persepsi estetis anak pada kesenian kethoprak “wahyu budoyo” dalam pelestarian nilai-nilai budaya di desa ngagel kecamatan dukuhseti kabupaten pati

Lidyasari, Devi Erviana (2022) Persepsi estetis anak pada kesenian kethoprak “wahyu budoyo” dalam pelestarian nilai-nilai budaya di desa ngagel kecamatan dukuhseti kabupaten pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Di era modern seperti saat ini telah melahirkan ancaman baru terhadap anak-anak generasi muda. Nilai luhur budaya bangsa sudah mulai ditinggalkan oleh hampir dari semua kalangan, dan tanpa disadari banyak pengaruh negatif yang ditimbulkan. Hal tersebut dapat menjadikan anak-anak anggota kesenian kethoprak wahyu budoyo kurang anthusias dan bersikap acuh tak acuh akan budaya dan tradisi yang sudah diwariskan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi estetis anak pada kesenian kethoprak wahyu budoyo serta untuk mengetahui bentuk upaya apa saja yang dapat dilakukan para seniman kethoprak wahyu budoyo terhadap anak-anak anggota untuk melestarika nilai-nilai budayanya. Persepsi estetis merupakan konsep yang penting. Karena manusia dapat dikatakan memandang dunianya hanyalah melalui persepsi. Perilaku seseorang akan di pengaruhi oleh bagaimana persepsi atau cara pandang yang ada pada seseorang tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di desa Ngagel kecamatan Dukuhseti kabupaten Pati. Metode penelitian difokukan pada pengamatan yang telah dilakukan peneliti secara mendalam, dengan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer berasal dari wawancara anak-anak anggota seniman kethoprak, dan juga pelaku seniman dewasa kethoprak. Sedangkan data sekunder berasal dari dokumentasi saat penelitian dilakukan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi untuk mengetahui tingkat anthusias anak pada pendidikan seninya. Analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi anak-anak anggota seniman kethoprak wahyu budoyo Di Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti Pati ini dipengaruhi oleh adanya beberapa faktor. Diantaranya faktor internal dan faktor eksternal, sedangkan kategori tingkat keikutsertaan anak meliputi tindakan sikap tidak anthusias, cukup ber anthusias, dan sangat anthusias. Bimbingan orangtua dan pendampingan para pelaku seniman dewasa kethoprak selaku guru bagi anak sangat penting untuk proses mengatasinya. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mendidik anak dengan penuh tanggung jawab, serta memperhatikan dengan bimbingan yang penuh dengan kesabaran. Penelitian ini dapat digunakan sebagai perbaikan dan untuk membangun pribadi masalah karakter pada anak usia dini. Kesimpulan pada penelitian ini adalah anak mempunyai cara pandang atau persepsi yang berbeda-beda sesuai dengan faktor yang mempengaruhinya. Sedangkan bentuk upaya pelestarian nilai-nilai budaya terhadap anak dapat diwujudkan dengan bentuk upaya seperti perekrutan anggota gratis, pemetasan di berbagai daerah, dan latihan rutin anak. Adapun fungsi dari adanya kesenian kethoprak wahyu budoyo di Desa Ngagel Dukuhseti Pati ini terdapat 4 macam fungsi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing : 2. Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd
Kata Kunci: Kesenian, Estetika, Karakteristik Anak, Kesenian Kethoprak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 18:19
Last Modified: 12 Dec 2022 18:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17144

Actions (login required)

View Item View Item