Saputro, Andi Yuliyanto Cahyo (2022) Hubungan pendekatan behavioristik terhadap konsentrasi belajar siswa mata pelajaran Tematik integratiif. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Rendahnya pemahaman pada siswa dalam pembelajaran dapat disebabkan karena kurangnya konsentrasi belajar siswa pada proses pembelajaran. hal ini dibuktikan dengan kenyataan ditemuinya pada SD 2 Hadipolo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pendekatan behavioristik dengan konsentrasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan behavioristik merupakan cara atau strategi untuk meningkatkan kualitas perilaku peserta didik melalui stimulus dan respon dalam proses pembelajaran. Thondike mengemukakan ada tiga factor antara stimulus dan respon yaitu: (1) Kesiapan (readinees), (2) Latihan ( exercise), (3) Pengaruh ( effect). Penelitian kuantitatif korelasi ini dilaksanakan di kelas III SD 2 Hadipolo dengan subjek penelitian 19 siswa yang berlangsung selama 6 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket. Validasi intrumen menggunakan dua indikator variabel yaitu pendekatan behavioristik meliputi kesiapan, latihan, serta pengaruh dan konsentrasi belajar meliputi perilaku kongnitif, periklaku afektif, serta perilaku psikomotorik. Uji korelasi yang digunakan menggunakan rumus korelasi product moment karl pearson yang dihitung menggunakan alat bantu SPSS. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu hubungan pendekatan behavioristik terhadap konsentrasi belajar siswa dimana akan dibuktikan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pendekatan behavioristik dan konsentrasi belajar siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan behavioristik sedangkan variabel terikatnya adalah konsentrasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan behavioristik memiliki hubungan yang kuat dengan konsentrasi belajar siswa pada kelas III SD 2 Hadipolo Kudus. Pernyataan tersebut diperoleh dari hasil uji hipotesis Pearson Correlation pada aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh hasil uji Pearson Correlation dengan signifikansi 0,000 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara pendekatan behavioristik dengan konsentrasi belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini yaitu pendekatan behavioristik memiliki hubungan yang kuat dengan konsentrasi belajar siswa pada kelas III SD 2 Hadipolo kudus dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan simpulan tersebut saran dari peneliti yaitu melibatkan penggunaan metode pendekatan behavioristik sangat diperlukan karena dapat menunjang konsentrasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1.Imaniar Purbasari,M.Pd Dosen Pembimbing : 2.Fina Fakhriyah,M.Pd |
Kata Kunci: | Pendekatan Behavioristik, Konsentrasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 18:39 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 18:39 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17147 |
Actions (login required)
View Item |