Analisis kesulitan membaca dan menulis Permulaan siswa kelas ii sdn 02 sowan lor

Fitrianingrum, - (2022) Analisis kesulitan membaca dan menulis Permulaan siswa kelas ii sdn 02 sowan lor. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca dan menulis permulaan di kelas II SDN 02 Sowan Lor Kedung Jepara. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam kesulitan siswa dalam membaca dan menulis di kelas II SDN 02 Sowan Lor Kedung Jepara. Membaca permulaan merupakan kegiatan seorang (anak) dalam memulai aktifitas kegiatan dengan pengenalan huruf melalui simbol-simbol. Membaca permulaan dilakukan dengan cara melatih anak melafalkan dengan benar dan menggunakan intonasi yang tepat. Menulis adalah menuangkan ide kedalam gambaran ataupun simbol yang dapat di pahami oleh orang lain, dan tidak otomatis dibawa sejak lahir melainkan diperoleh melalui proses pembelajaran memerlukan bimbingan serta di ajarkan sejak dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi untuk mengamati kesulitan apa saja serta faktor-faktor penyebab yang dialami siswa dalam membaca dan menulis permulaan yang dialami siswa. Wawancara yang peneliti lakukan yaitu dengan guru dan siswa kelas II. Dokumentasi dalam hal ini peneliti mendapatkan berupa data- data sekolah, foto kegiatan peneliti saat terjun ke lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, faktor penghambat kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 2 Sowan Lor diantaranya yaitu: 1). Jenis kesulitn membaca dan menulis permulaan, 2). Faktor eksternal dan internal siswa. Sedangkan bentuk kesulitan yang dialami siswa diantaranya tidak dapat mengenal huruf, membaca dengan terbata-bata dan tidak bisa mengeja. Bentuk kesulitan dan pendampingan yang diberikan guru kepada siswa yang mengalami hambatan dalam membaca dan menulis permulaan. Serta upaya orang tua dalam mengatasi kesulitan membaca siswa adalah orang tua mengajari anak membaca. Penelitian ini dapat digunakan sebagai perbaikan dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan siswa kelas rendah dalam membaca permulaan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan membaca huruf konsonan dan terbatah-batah, membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, sedangkan keuslitan menulis siswa tulisan kurang rapi, banyak salah dan banyak huruf terbalik tidak sesuai kaidah bahasa. Faktor penghambat kesulitan membaca dan menulis permulaan yaitu kecerdasan siswa, minat siswa serta kurangnya perhatian kedua orangtua siswa terhadap proses belajar membaca dan menulis permulaan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Ika Ari Pratiwi S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing : 2.Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Membaca permulaan, Menulis permulaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 18:37
Last Modified: 12 Dec 2022 18:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17148

Actions (login required)

View Item View Item