Pengaruh model circ (cooperative integrated, reading and composition) berbantu media papan pintar terhadap kemampuan calistung pada siswa kelas ii sd

Muntaha, Intan Kusuma Arofati (2022) Pengaruh model circ (cooperative integrated, reading and composition) berbantu media papan pintar terhadap kemampuan calistung pada siswa kelas ii sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (919kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini berdasrkan pada kemampuan calistung siswa yang masih rendah. Hasil tes calistung menunjukkan siswa hanya mencapai 11,76% dengan perolehan rata-rata sebesar 55,176 yang bisa dikatakan mereka mendapt predikat D yang artinya mereka masih membutuhkan bimbingan dalam belajar calistung.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran CIRC mampu meningkatkan kemampuan calistung siswa secara signifikan. Model CIRC merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang mengintegrasikan suatu bacaan secara menyeluruh kemudian mengomposisikannya menjadi bagian-bagian penting. Media papan pintar merupakan media pembelajaran visual berupa papan yang memiliki kantong berfungsi sebagai tempat pertanyaan dan jawaban. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan di kelas II SDN 01 Mejobo tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel 17 siswa. Teknik sampel menggunakan purpose sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain pre-eksperimental desasign dengan bentuk one group pretest-posttest. Pada penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu model CIRC, sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan calistung siswa. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik yang berupa uji normalitas data, uji paired sample t-test, dan uji n-gain. Penerapan model CIRC berbantu media papan pintar terhadap kemampuan calistung siswa menunjukkan bahwa pada hasil pretest terdapat 11,76% siswa yang dinyatakan tuntas, sedangkan hasil posttest yang dinyatakan tuntas sebesar 88,23%. Setelah dilakukan uji statistik diperoleh hasil bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata pretest dan posttest siswa, (2) terdapat peningkatan rata-rata skor kemampuan calistung siswa secara keseluruhan pada kategori sedang. Berdasarkan dari hasil uji statistik tersebut dapat ditarik kesimpulan bahawa penerapan model CIRC berbantu media papan pintar berpengaruh terhadap kemampuan calistung siswa sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Dosen Pembimbing : 2. A. Bakhruddin, S.Pd,.I., M.Pd.
Kata Kunci: CIRC, Smart Board, Calistung Ability
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 19:07
Last Modified: 12 Dec 2022 19:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17153

Actions (login required)

View Item View Item