Analisis faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas iv pada pembelajaran ppkn di sdn 01 klakahkasihan kecamatan gembong kabupaten pati

Aisah, Riska Nur (2022) Analisis faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas iv pada pembelajaran ppkn di sdn 01 klakahkasihan kecamatan gembong kabupaten pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Kesulitan belajar PPKn yang dialami oleh siswa akan menimbulkan suatu keadaan dimana siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya sehingga memiliki prestasi yang rendah. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SDN 01 Klakahkasihan. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan kesulitan belajar siswa pada pembelajaran PPKn di SDN 01 Klakahkasihan dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada pembelajaran PPKn di SDN 01 Klakahkasihan. Kesulitan belajar merupakan ketidakmampuan siswa dalam menguasai fakta, konsep, prinsip, serta keterampilan. Kesulitan belajar terjadi karena siswa menganggap PPKn sebagai mata pelajaran yang sulit dan kurang diminati. Siswa yang mengalami kesulitan belajar PPKn dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor penyebab kesulitan belajar terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh dari siswa kelas IV SDN 01 Klakahkasihan, orang tua siswa kelas IV serta guru kelas IV. Subjek dalam peneilitian ini ada 3 siswa yang terindikasi kesulitan belajar PPKn. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesulitan belajar PPKn yang siswa kelas IV SDN 01 Klakahkasihan yaitu kesulitan dalam memahami konsep PPKn, kesulitan memahami penjelasan guru, serta kesulitan dalam menerapkan sikap positif terhadap nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.2) faktor penyebab kesulitan belajar PPKn terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya meliputi sakit, kecerdasan yang rendah, minat siswa terhadap pelajaran PPKn cenderung masih rendah serta motivasi juga rendah, sedangkan faktor eksternalnya meliputi faktor lingkungan sekolah terdiri dari penggunaan media pembelajaran PPKn yang kurang inovatif, faktor lingkungan keluarga adalah orang tua kurang memperhatikan kegiatan belajar PPKn siswa, kegiatan dalam masyarakat yaitu siswa terlalu banyak aktivitas sehingga kegiatan belajar siswa menjadi terbengkalai, serta faktor media massa yaitu pengaruh penggunaan gadget dan TV. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan belajar dikarenakan pembelajaran yang dilakukan guru belum maksimal sehingga membuat siswa merasa tidak tertarik atau bosan dalam pembelajaran PPKn dan di pengaruhi oleh beberapa faktor meliputi faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Siti Masfuah,M.Pd Dosen Pembimbing : 2.Dr.Wawan Shokib Rondli,M.Pd
Kata Kunci: Faktor Penyebab Kesulitan Belajar PPKn, Kesulitan Belajar PPKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 19:10
Last Modified: 12 Dec 2022 19:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17154

Actions (login required)

View Item View Item