Aktivitas siswa dalam gerakan literasi Di sdit al-hikmah mayong

Amrullah, Ghalib Rafi (2022) Aktivitas siswa dalam gerakan literasi Di sdit al-hikmah mayong. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang aktivitas siswa dalam gerakan literasi dan bagaimana literasi di kelas V SDIT Al-Hikmah Mayong. Aktifitas siswa ialah kegiatan- kegiatan yang dilakukan partisipan didik yang meliputi aktivitas raga ataupun aktivitas psikis sehingga memunculkan suatu sikap yang membuat peserta didik tersebut tumbuh. Sementara itu literasi ialah gerakan ataupun kebiasaan membaca yang mempunyai pengaruh besar terhadap pengetahuan yang bisa diperoleh oleh pembacanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode kualitatif naratif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu guru kelas V serta siswa kelas V yang berjumlah 5 peserta didik sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumen, catatan penelitian, artikel, buku referensi beserta data pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aktivitas yang dilakukan siswa ketika pembelajaran dikelas meliputi 5 kategori aktivitas dari 8 kategori aktivitas yaitu aktivitas melihat, aktivitas menulis, aktivitas berbicara, aktivitas mendengarkan serta aktivitas menggambar. Adapun pembelajaran literasi yang dilaksanakan di kelas V yakni sebelum pembelajaran siswa diajak membaca 5 hingga 10 menit, tidak hanya membaca saja namun juga menulis dan tanya jawab. Pada penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa Aktivitas siswa kelas V SDIT Al-Hikmah Mayong sangat beragam yang dikategorikan menjadi lima kategori meliputi aktivitas visual, aktivitas mendengarkan, aktivitas lisan, aktivitas menulis dan aktivitas menggambar. Aktivitas yang paling disukai siswa yakni diskusi karena dengan diskusi siswa dapat saling berinteraksi, dan bertukar pikiran sehingga timbul ide-ide atau jawaban dari permasalahan yang harus dipecahkan. Sebagaimana dengan literasi di SDIT Al-Hikmah Mayong yang dilaksanakan 5 hingga 10 menit sebelum pembelajaran dimulai, siswa tidak hanya diajak membaca namun menulis juga dan tanya jawab yang dimana dapat meningkatkan kemamapuan intrapersonal siswa sekaligus pemahaman konsep siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Sri utaminingsih, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing : 2. Sekar Dwi Ardianti, M.Pd
Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Pembelajaran Luring, Literasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 19:19
Last Modified: 12 Dec 2022 19:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17155

Actions (login required)

View Item View Item