Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa kelas v sd gugus joyo kusuma kecamatan tambakromo

Sari, Niken Ayu Kartika (2022) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa kelas v sd gugus joyo kusuma kecamatan tambakromo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan penelitian yaitu untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa, mendeskripskan bagaimana prestasi belajar matematika siswa, serta mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, bagaiamanakah hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan siswa untuk memotivasi diri sendiri dan mengendalikan emosi pada dirinya untuk meraih prestasi belajar. Prestasi belajar yaitu suatu hasil belajar yang dicapai seorang siswa setelah mengikuti beberapa proses pembelajaran. Kecerdasan emosional sangat berpengaruh terhadap pembelajaran pada mapel matematika, sebab mata pelajaran matematika suatu ilmu yang bersifat pasti serta diperdalam dengan rumus-rumus. Matematika merupakan ilmu pasti serta cara berpikirnya juga logis dan pemahaman konsep pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini menggunkan kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data wawancara, angket, soal tes. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas V SD Gugus Joyo Kusuma yaitu ada 93 siswa, menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling dengan jenis Nonprobability Sampling. Teknis analisis data menggunakan teknik korelasi product moment, variabel bebas yaitu kecerdasan emosional dan variabel terikat prestasi belajar. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V yaitu 38 siswa. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa nilai rhitung yaitu sebesar 0,705. Pada penelitian ini rtabel dicari pada nilai signifikansi 0,05 atau 5% dengan (n) 36 (n = 38 – 2 = 36), maka diperoleh nilai rtabel yaitu sebesar 0,329 dan dapat dinyatakan bahwa rhitung lebih dari rtabel yaitu 0,705 > 0,329. Berdasarkan hasil uji dalam penelitian ini “r” product moment yaitu sebesar 0,705 yang berarti terletak pada 0,60 – 0,799 yang artinya yaitu antara variabel X (kecerdasan emosional) dan variabel Y (prestasi belajar matematika siswa) terdapat korelasi yang kuat atau tinggi. Kesimpulannya hubungan kecerdasan emosional anak dengan prestasi belajar matematika sangat berhubungan yang kuat dan tinggi. Saran diharapakan guru mampu memberikan pelajaran dan pengetahuan bagi siswa yang berhubungan dengan keamampuan yang ada pada diri siswa, seperti kecerdasan emosional.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Suad, M.Pd. Dosen Pembimbing : 2. Lovika Ardana Riswari, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: kecerdasan emosional, prestasi belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 19:35
Last Modified: 12 Dec 2022 19:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17157

Actions (login required)

View Item View Item