Peran orang tua dalam mendampingi belajar anak di masa pandemi covid-19 di dukuh nglau

Ikromah, Eka (2022) Peran orang tua dalam mendampingi belajar anak di masa pandemi covid-19 di dukuh nglau. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Peran orang tua ini sangat penting, karena mereka adalah orang yang berhadapan langsung dengan anak-anak di lingkungan keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peran orang tua dan kesulitan orang tua dalam mendampingi belajar anak di masa pandemi di dukuh Nglau. Penelitian ini membahas tentang orang tua yang melaksanakan dua peran sekaligus pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah, menyediakan sarana dan prasarana kepada anak, memberikan semangat, motivasi, mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak. Kesulitan orang tua dalam mendampingi belajar anak dirumah yaitu latar belakang pendidikan orang tua mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang tua dalam mendidik anak, tingkat ekonomi orang tua mempengaruhi proses pembelajaran secara daring terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran daring anak, kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan, juga mempengaruhi orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak dalam belajar di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua dan anak. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peran orang tua dalam mendampingi belajar anak yaitu orang tua sebagai pendidik, orang tua sebagai pendorong, orang tua sebagai panutan, orang tua sebagai teman, orang tua sebagai pengawas. 2) Kesulitan yang dihadapi orang tua dalam mendampingi belajar anak yaitu belakang pendidikan orang tua, jenis pekerjaan orang tua, waktu yang tersedia. Adanya penelitian ini hendaknya orang tua dapat dapat membimbing, menyediakan fasilitas, memberikan motivasi atau semangat. meluangkan waktu untuk mendampingi belajar anak. Kesulitan orang tua dalam pengetahuan dapatdiatasi dengan memaksimalkan penjelasan materi secara detail dari buku pelajaranatau video pembelajaran di youtube.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :1.Santoso,M.Pd Dosen Pembimbing :2.Ika Ari Pratiwi,M.Pd
Kata Kunci: Peran orang tua, Mendampingi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 19:43
Last Modified: 12 Dec 2022 19:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17159

Actions (login required)

View Item View Item