Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi pecahan dengan menggunakan model course review horay berbantuan media puzzle pada peserta didik Kelas iv sd 1 bakalan krapyak

Alfiani, Yesika (2022) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi pecahan dengan menggunakan model course review horay berbantuan media puzzle pada peserta didik Kelas iv sd 1 bakalan krapyak. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Puzzle pada materi pecahan dalam meningkatkan pemahaman konsep, dan keterampilan guru dalam proses pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV di SD1 Bakalan Krapyak Kudus tahun ajaran 2019/2020. Pemahaman konsep siswa SD N 1 Bakalan Krapyak masih kurang karena kegiatan pembelajaran matematika masih terpusat pada guru yakni masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, guru tidak menggunakan media, dan siswa cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay pada materi pecahan pada peserta didik kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak Kudus. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Lokasi penelitian di SD 1 Bakalan Krapyak Kudus, subjek penelitian 22 peserta didik kelas IV. Variabel bebas adalah model Course Review Hoaray, sedangkan variabel terikat adalah Pemahaman Konsep Matematis. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini adalah diskriptif berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Course Review Horay dapat meningkatkan Pemahaman konsep pada siklus I ke siklus II dari presentase 72,73% menjadi 81,82% (baik). Keterampilan mengajar guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 73% menjadi 81 % ( sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Course Review Horay berbantuan media Puzzle dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis dan keterampilan mengajar guru, pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :1.Dr.Nur Fajrie,M.Pd Dosen Pembimbing :2.Dr.Erik Aditia Ismaya,S.Pd.,M.A
Kata Kunci: Course Review Horay, Pemahaman Konsep Matematis, Puzzle
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 19:52
Last Modified: 12 Dec 2022 19:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17162

Actions (login required)

View Item View Item