Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan model open ended berbantuan media blok pecahan kelas iv sd n 2 surodadi

Setyanti, Zeni (2022) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan model open ended berbantuan media blok pecahan kelas iv sd n 2 surodadi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Open Ended berbantuan media blok pecahan dalam meningkatkan pemahaman konsep, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru dalam proses pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV di SDN 2 Surodadi Jepara tahun ajaran 2019/2020. Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan memahami ide-ide matematika yang saling terkait dan menerapkan ide matematika beserta fungsinya. Model pembelajaran Open Ended merupakan proses pembelajaran yang didalamnya, tujuan dan keinginan individu di bangun dan dicapai secara terbuka menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan mempunyai banyak manfaat pengetahuan dan keterampilan matematis secara menyeluruh. Hipotesis yang diajukan adalah pemahaman konsep, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru dengan diterapkannya model Open Ended berbantuan media blok pecahan dapat meningkat. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Lokasi penelitian di SDN 2 Surodadi Jepara, subjek penelitian 22 siswa kelas IV. Variabel bebas adalah model Open Ended, sedangkan variabel terikat adalah Pemahaman Konsep dan aktivitas belajar siswa. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini adalah diskriptif berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Open Ended dapat meningkatkan Pemahaman konsep pada siklus I ke siklus II dari presentase 68,18% menjadi 81,81% (baik). Aktivitas belajar siswa pada siklus I ke siklus II dari presentase 62,8% menjadi 73,3% (cukup baik). Keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase % menjadi % (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwamelalui penerapan model Open Ended berbantuan media blok pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru,pada pembelajaran Matematika materi pecahan kelas IV SDN 2 Surodadi Jepara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Yuni Ratnasari, S.Si,. M.Pd., Dosen Pembimbing 2. Savitri Wanabuliandari, S.Pd, M.Pd.,
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Open Ended, Blok Pecahan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 20:08
Last Modified: 12 Dec 2022 20:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17163

Actions (login required)

View Item View Item