Pengaruh model pbl berbasis pendekatan saintifik dengan e-modul si datar terhadap kemampuan Berpikir kritis matematis siswa

TOYLASANI, DIA ADINA (2022) Pengaruh model pbl berbasis pendekatan saintifik dengan e-modul si datar terhadap kemampuan Berpikir kritis matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SMP N 5 Pati. Hasil tes studi pendahuluan ke siswa didapatkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan presentase memberikan penjelasan sederhana 3,03%, membangun keterampilan dasar 3,2%, membuat simpulan 0,6%, penjelasan lebih lanjut 1,4%, strategi dan taktik 0,6%. Dari 30 siswa yang mengikuti tes studi pendahuluan, tidak terdapat siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk menguji rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model PBL berbasis pendekatan saintifik dengan e-modul Si Datar lebih baik daripada rata-rata kelas siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (2) untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan menggunakan model PBL berbasis pendekatan saintifik dengan e-modul Si Datar mencapai kriteria ketuntasan minimal belajar, (3) untuk mengetahui terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan menggunakan model PBL berbasis pendekatan saintifik dengan e-modul Si Datar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, bentuk penelitian Quasi Experimental Design bentuk desain nya Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yang menjadi sampel adalah kelas VIII F adalah kelas kontrol, sedangkan kelas VIII G adalah kelas eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran PBL berbasis pendekatan saintifik dengan e-modul SI DATAR sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data awal yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t test. Analisis data akhir yang digunakan yaitu independent sample t test, uji one sampel t-test, uji proporsi, dan analisis n-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok yang memperoleh pembelajaran model PBL berbasis pendekatan saintifik dengan e-modul Si Datar lebih baik daripada rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. (2) rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan model PBL berbasis pendekatan saintifik dengan e-modul Si Datar lebih dari 75, serta proporsi siswa yang tuntas mengikuti pembelajaran matematika dengan model PBL berbasis pendekatan saintifik dengan e-modul Si Datar lebih baik dari proporsi siswa yang tuntas mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran langsung (3) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa berpengaruh sebesar 0,44 dengan kriteria sedang. Kesimpulan dari penelitian ini, model pembelajaran PBL berbasis pendekatan saintifik dengan e-modul Si Datar terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Sehingga perlu adanya pengembangan e-modul untuk diterapkan pada materi lain agar dapat meningkatkan semangat siswa untuk belajar secara mandiri.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Savitri Wanabuliandari,S.Pd.,M.Pd Dosen Pembimbing 2.Himanatul Ulya,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Pengaruh E-Modul, Pendekatan Saintifik, dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 20:15
Last Modified: 12 Dec 2022 20:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17164

Actions (login required)

View Item View Item