Analisis pembelajaran daring di masa pandemi pada siswa kelas v di sd 5 jekulo

HANANTO, MUHAMMAD FIRHAN (2022) Analisis pembelajaran daring di masa pandemi pada siswa kelas v di sd 5 jekulo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi kendala siswa kelas V SDn 5 Jekulo; (2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas V SD 5 Jekulo selama pembelajaran pandemi covid-19 ; dan 3) Mendeskripsikan strategi pembelajaran selama masa pandemic covid-19 siswa kelas v SD N 5 Jekulo. Kegiatan pembelajaran sangat penting bagi siswa, karena pembelajaran yang baik akan membuat siswa gampang menerima apa yang guru sampaikan, maka siswa dapat memiliki bekal dasar yang baik untuk mencapai kemampuan dasar yang lain. Pembelajaran daring merupakan pemanfaatan jaringan internet dalam proses pembelajaran. Siswa dapat berinteraksi dengan guru menggunakan beberapa aplikasi seperti classroom, video converence, telepon atau live chat, zoom maupun melalui whatsapp group. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penlitian ini adalah; 1) siswa kelas V dan guru kelas V SD N 5 Jekulo, Kabupaten Kudus; 2) Data, data yang berasal dari observasi dan lembar wawancara; dan 3) place (tempat) yaitu tempat berlangsungnya kegiatan yang berhubungan dengan penelitian ini adalah SDN 5 Jekulo, Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dengan instrumen penelitiannya berupa pedoman wawancara dan Observasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa kendala selama pembelajaran masa pandemi covid-19 meliputi guru kesulitan dalam mengoperasikan teknologi, keterbatasan peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran daring, materi yang disampaikan tidak diterima dengan baik oleh siswa, dan menurunnya kedisiplinan siswa pada saat pembelajaran daring. Hasil belajar siswa kelas V di SDN 5 Jekulo selama pembelajaran masa pandemi covid-19 deiketahui hasil belajar siswa baik, namun tidak dilaksanakan dengan mandiri. Strategi pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 meliputi membiasakan diri dan menambah pengetahuan dalam mengoperasikan teknologi, melaksanakan Blended Learning, melakukan bimbingan khusus pada siswa yang mengalami kesulitan, dan berkomunikasi dengan orang tua dengan menekankan peran orang tua sebagai fasilitator dalam pembelajaran daring. Penelitian ini dapat disimpulka bahwa terdapat beberapa kendala yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran daring yang menyebabkan hasil belajar tidak sesuai harapan. Adapun strategi yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yakni dengan mengembangkan IPTEK dan blended learning.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kendala, pembelajaran pandemi, strategi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 20:21
Last Modified: 12 Dec 2022 20:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17165

Actions (login required)

View Item View Item