Pengaruh model pembelajaran scramble dengan media question card terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas iii sd

PUTRI, ANGGITASARI RUDYANA (2022) Pengaruh model pembelajaran scramble dengan media question card terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas iii sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest pada penggunaan model pembelajaran scramble dengan media question card terhadap kemampuan membaca pemahaman. Jika peserta didik belum memiliki kemampuan memahami suatu bacaan dengan baik maka akan berdampak pada nilai yang akan diperoleh, hal itu dikarenakan proses pembelajaran membaca dilakukan secara konvensional. Berdasarkan nilai ulangan harian yang digunakan sebagai kemampuan awal membaca pemahaman terdapat 15 peserta didik belum tuntas (65,67%), sedangkan 9 peserta didik (34,33%) tuntas. Scramble merupakan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan minat peserta didik dalam mempelajari membaca pemahaman bahasa yang berbentuk permainan acak kata, kalimat maupun paragraf. Permainan tersebut menggunakan sebuah media question card yang terdiri atas lembar soal dan jawaban, kemudian peserta didik diminta untuk mencari jawaban yang sesuai dengan soal yang diberikan. Kemampuan membaca pemahaman yaitu salah satu kegiatan membaca lanjut yang harus dimiliki oleh peserta didik meliputi beberapa kemampuan yaitu menentukan ide pokok, menyerap informasi, menyimpulkan, dan menceritakan kembali suatu teks bacaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini yaitu Pre-Experimental dengan metode One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD 4 Karangbener yang berjumlah 24 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis sampling total. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis instrumen validitas menggunakan jenis validasi expert judgment. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji paired sample t-test untuk membandingkan perbedaan dua nilai rata-rata dan N-Gain untuk mengetahui peningkatan dua nilai rata-rata. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran scramble dengan media question card berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman dengan skor rata-rata pretest sebesar 48,90 dan posttest meningkat menjadi 86.67. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dalam penelitian ini memiliki nilai N-Gain 0,70 dengan kategori tinggi. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran scramble dengan media question card berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Saran kepada guru ataupun calon peneliti

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Sekar Dwi Ardianti, M. Pd Dosen Pembimbing 2. Diana Ermawati, M. Pd
Kata Kunci: Scramble, Question Card, Kemampuan Membaca Pemahaman
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 20:30
Last Modified: 12 Dec 2022 20:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17167

Actions (login required)

View Item View Item