PUTRI, ANGGITASARI RUDYANA (2022) Pengaruh model pembelajaran scramble dengan media question card terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas iii sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest pada penggunaan model pembelajaran scramble dengan media question card terhadap kemampuan membaca pemahaman. Jika peserta didik belum memiliki kemampuan memahami suatu bacaan dengan baik maka akan berdampak pada nilai yang akan diperoleh, hal itu dikarenakan proses pembelajaran membaca dilakukan secara konvensional. Berdasarkan nilai ulangan harian yang digunakan sebagai kemampuan awal membaca pemahaman terdapat 15 peserta didik belum tuntas (65,67%), sedangkan 9 peserta didik (34,33%) tuntas. Scramble merupakan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan minat peserta didik dalam mempelajari membaca pemahaman bahasa yang berbentuk permainan acak kata, kalimat maupun paragraf. Permainan tersebut menggunakan sebuah media question card yang terdiri atas lembar soal dan jawaban, kemudian peserta didik diminta untuk mencari jawaban yang sesuai dengan soal yang diberikan. Kemampuan membaca pemahaman yaitu salah satu kegiatan membaca lanjut yang harus dimiliki oleh peserta didik meliputi beberapa kemampuan yaitu menentukan ide pokok, menyerap informasi, menyimpulkan, dan menceritakan kembali suatu teks bacaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini yaitu Pre-Experimental dengan metode One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD 4 Karangbener yang berjumlah 24 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis sampling total. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis instrumen validitas menggunakan jenis validasi expert judgment. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji paired sample t-test untuk membandingkan perbedaan dua nilai rata-rata dan N-Gain untuk mengetahui peningkatan dua nilai rata-rata. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran scramble dengan media question card berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman dengan skor rata-rata pretest sebesar 48,90 dan posttest meningkat menjadi 86.67. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dalam penelitian ini memiliki nilai N-Gain 0,70 dengan kategori tinggi. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran scramble dengan media question card berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Saran kepada guru ataupun calon peneliti
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Sekar Dwi Ardianti, M. Pd Dosen Pembimbing 2. Diana Ermawati, M. Pd |
Kata Kunci: | Scramble, Question Card, Kemampuan Membaca Pemahaman |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 20:30 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 20:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17167 |
Actions (login required)
View Item |