Implementasi kampus mengajar untuk menanamkan literasi baca tulis dan numerasi siswa kelas v sd negeri baturejo 02

TARISA, - (2022) Implementasi kampus mengajar untuk menanamkan literasi baca tulis dan numerasi siswa kelas v sd negeri baturejo 02. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Program kampus mengajar merupakan salah satu program pemerintah untuk mewujudkan kegiatan MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka). Program ini ditujukan mahasiswa seluruh program studi untuk berkontribusi dalam memajukan pendidikan dasar terutama daerah 3T. Pelaksanaan dari program kampus mengajar yang diterapkan di salah satu sasaran sekolah program mahasiswa kampus mengajar di SD Negeri Baturejo 02. Tujuan Penelitian ini untuk menjelaskan pelaksanaan program penanaman literasi baca tulis dan numerasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa kampus mengajar. Literasi baca tulis kemampuan untuk memahami isi teks tertulis (tersurat maupun tersirat) dan menggunakannya untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi diri, serta kemampuan untuk menuangkan ide atau gagasan ke dalam tulisan untuk berpartisipasi dalam lingkungan sosial ( KBBI, 2015). Numerasi merupakan pengetahuan dan kecakapan (1) menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari (2) menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk grafik, tabel, bagan, dan sebagainya, (3) menggunakan interpretasi tersebut untuk memprediksi dari mengambil keputusan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Baturejo 02. Informan penelitian adalah siswa kelas V, wali kelas V SD Negeri Baturejo 02 dan mahasiswa kampus mengajar. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian membuktikan bahwa implementasi program kampus mengajar untuk menanamkan literasi baca tulis melalui program membaca lima belas menit sebelum pembelajaran dimulai, jurnal membaca harian dan graphic organizer. Implementasi mahasiswa kampus mengajar untuk menanamkan numerasi melalui tiga program yaitu pembelajaran matematika, berwirausaha dan bakti sosial. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri Baturejo 02 dapat disimpulkan bahwa implementasi kampus mengajar dalam menanamkan literasi baca tulis dan numerasi membantu siswa dalam melatih kemampuan literasi baca tulis dan melatih kemampuan numerasi. Saran dalam penelitian ini adalah guru harus menciptakan pembelajaran harus mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.F.Shofika Hilyana,M.Pd Dosen Pembimbing 2.Much Arsyad Fardani,M.Pd
Kata Kunci: Kampus Mengajar, Literasi Baca Tulis, Numerasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 20:35
Last Modified: 12 Dec 2022 20:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17168

Actions (login required)

View Item View Item