Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan game edukasi quizizz pada siswa kelas iv sd

RINDITIA, DEVI (2022) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan game edukasi quizizz pada siswa kelas iv sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya siswa mengerjakan soal matematika langsung pada cara mendapatkan hasil tanpa menuliskan apa yang diketahui, merencanakan penyelesaian dan menulis kesimpulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru, mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan game edukasi Quizizz dan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menggunakan game edukasi Quizizz. Kemampuan Pemecahan masalah matematis adalah kemampuan siswa untuk mencari dan mengolah informasi, serta memilih dan menerapkan strategi yang tepat untuk menemukan solusi dari masalah realistis. Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat menggunakan game edukasi quizizz. Game edukasi Quizizz adalah aplikasi media pembelajaran yang berbasis online yang terdiri dari fitur kuis, survey, game maupun diskusi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD N Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan melalui dokumentasi dan hasil pekerjaan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/ kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah guru melakukan perencanaan pembelajaran diantaranya yaitu menyusun RPP, menyiapkan media pembelajaran dan melakukan evaluasi. Proses pembelajaran menggunakan Quizizz dilaksanakan sesuai dengan rencana dalam pembelajaran diadakan kuis melalui quizizz. Peran guru sebagai host dan siswa sebagai peserta. Kemampuan Pemecahan Masalah dari seluruh siswa kurang dalam indikator memahami masalah dan memeriksa kembali jawaban dalam menegerjakan soal. Penggunaan media quizizz dalam pembelajaran kemampuan pemecahan masalah sudah baik terlihat dari ketercapaian penggunaan quizizz pada pembelajaran, dimana siswa menanggapi bahwa quizizz dapat membantu dalam pembelajaran, mampu menarik seluruh perhatian dan semangat siswa dalam pembelajaran matematika, waktu yang diberikan untuk menjawab soal sudah sesuai tetapi ada beberapa peserta didik yang masih merasa kurang. Penelitian ini hendaknya guru mengingatkan siswa dalam memeriksa kembali jawaban yang sudah dikerjakan dan membimbing siswa yang mendapatkan nilai rendah. Bagi siswa hedaknya memahami masalah dengan sungguh-sunguh dan memeriksa kembali jawaban yang telah dikerjakan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Savitri Wanabuliandari, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. M. Syaffruddin, K, S.Si, M. Or.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Game Edukasi Quizizz
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 20:39
Last Modified: 12 Dec 2022 20:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17169

Actions (login required)

View Item View Item