Analisis karakter disiplin siswa kelas v Sd negeri 1 margorejo

SARI, VENI RATNA INDAH (2022) Analisis karakter disiplin siswa kelas v Sd negeri 1 margorejo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pendidikan karakter sangat penting untuk membentuk sikap individu siswa yang kuat salah satu lingkungan pembelajaran yaitu sekolah menerapkan kurikulum pembelajaran karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter disiplin siswa kelas V SD Negeri 1 Margorejo. Sekolah adalah lembaga pendidikan yang mengembangkan bakat siswa, pembelajaran yang ada di sekolah selain mengajarkan pembelajaran akademik tetapi juga mengajarkan nilai-nilai moral dan etika dalam berperilaku atau yang biasa disebut karakter. Karakter adalah ciri tertentu yang dimiliki oleh seseorang untuk bersikap atau berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga tercipta ketertiban dan keteraturan, indikator karakter disiplin yang peneliti kembangkan antara lain a) disiplin berangkat sekolah, b) disiplin mengikuti pembelajaran, c) disiplin mengerjakan tugas, d) disiplin menaati tata tertib sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana hasil data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil data yang peneliti peroleh berasal dari wawancara kepala sekolah, guru kelas V dan siswa kelas V berdasarkan kriteria peneliti seperti siswa dengan nilai tinggi, sedang dan kurang data diperoleh dari guru kelas. Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan keimpulan. Tujuan penelitian ini adalah; Untuk menganalisis cara pembentukan karakter disiplin siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa karakter disiplin siswa tidak lepas dari adanya artifak sekolah, upacara-upacara di sekolah, tata tertib sekolah, maupun nilai dan keyakinan yang biasa di sebut visi misi sekolah. Karakter disiplin siswa dapat dilihat melalui indikator karakter disiplin seperti disiplin berangkat sekolah, disiplim mengikuti pembelajaran, disiplin mengerjakan tugas dan disiplin menaati tata tertib sekolah. Penelitian ini hendaknya sekolah melakukan penerapan karakter disiplin dengan adanya budaya sekolah dengan cara yang baik, menyenangkan dan juga memotivasi siswa untuk disiplin. Sebagai siswa sekolah hendaknya mematuhi peraturan yang ada di sekolah dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Siti Masfuah, M.Pd.
Kata Kunci: karakter disiplin, penerapan di sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 20:55
Last Modified: 12 Dec 2022 20:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17173

Actions (login required)

View Item View Item