Fenomena gemar bermain game online pada anak-anak di desa winong kecamatan pati kabupaten pati

PUTRIWATI, ERIYANI (2022) Fenomena gemar bermain game online pada anak-anak di desa winong kecamatan pati kabupaten pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor apa saja yang membuat anak-anak di Desa Winong gemar bermain game online, mengetahui upaya yang dilakukan orang tua untuk mengatasi anak-anak yang gemar bermain game online. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya rutinitas bermain game online anak-anak Desa Winong setiap sore hingga malam di Balai Desa Winong maupun di Masjid Jami Al-Hidayah. Bermain merupakan kegiatan yang dilakukan semata-mata untuk menyenangkan diri sendiri, dengan cara-cara yang menyenangkan dan tidak berorientasi pada hasil akhir. Game online merupakan permainan yang hanya bisa dimaikan saat terhubung dengan jaringan internet. Perangkat yang digunakan untuk bermain game online tidak hanya terbatas pada komputer saja, sekarang game online sudah bisa dimainkan di tablet, smartphone dan laptop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek yaitu anak-anak di Desa Winong berserta orang tuanya. Pada pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan menggunakan triangulasi metode. Dari hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa anak-anak di Desa Winong gemar bermain game online dikarenakan waktu luangnya banyak digunakan untuk bermain game online. Cara yang telah dilakukan untuk mengatasi anak yang gemar bermain game online adalah dengan membelikan permain dalam bentuk fisik yang sedang hits dan mengarahkan anak-anak untuk bermain dengan teman-temannya tanpa menggunakan handphone. Oleh karen itu kegiatan wajib anak-anak di Desa Winong menjadi terganggu seperti mengerjakan tugas mendekati deadline, tidak belajar apabila tidak ada tugas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Sekar Dwi Ardianti, S.Pd. M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A
Kata Kunci: Bermain dan Game Online
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 21:04
Last Modified: 12 Dec 2022 21:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17174

Actions (login required)

View Item View Item