Analisis kualitas pembelajaran pada masa tatap muka terbatas (tmt) sd negeri 2 gunem Rembang 2021-2022

YUNITA, ARI NANDA (2022) Analisis kualitas pembelajaran pada masa tatap muka terbatas (tmt) sd negeri 2 gunem Rembang 2021-2022. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Semenjak dilaksanakannya pembelajaran daring pada awal Maret 2020, sistem pelaksanaan pendidikan di Indonesia mengalami perubahan dalam pelaksanaannya, dari perubahan tersebut memberikan dampak pada pihak-pihak yang bersangkutan diantaranya adalah siswa, orang tua/wali siswa, dan guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di SD Negeri 2 Gunem melalui indikator yang dirumuskan serta mendapatkan kesimpulan. Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang dapat mengukur suatu keadaan, proses, dan hasil yang kemudian dapat dilakukan kesimpulan untuk keefektifan dan mutu (Hamdani, 2010: 193). Indikator kualitas pembelajaran dari Depdiknas (Prasetyo, 2013) yaitu antara lain: 1) Perilaku Seorang Pendidik (Guru), 2) Perilaku atau aktivitas siswa, 3) Iklim pembelajaran, 4) Materi pembelajaran, 5) Media pembelajaran, dan 6) Sistem pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di kelas 2 SD Negeri 2 Gunem dengan responden penelitian kepala sekolah, guru kelas, dan 11 siswa yang berlangsung kurang lebih selama tiga bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dari Miles dan Huberman yang menurut keduanya tahapan analisis data kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian membuktikan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dilakukan dengan menetapkan beberapa aturan baru yaitu pelaksanaan hybrid learning, beberapa protokol kesehatan yang diwajibkan oleh sekolah, penilaian yang dilakukan baik akademik maupun non-akademik, beberapa evaluasi yang dilakukan, dan sehingga didapatkan kelebihan dan kekurangan dari sistem pembelajaran yang dilaksanakan. Adapun kualitas pembelajaran yang meliputi perilaku pendidik/guru yang masuk dalam kategori “baik”, perilaku/aktivitas siswa dalam kategori “baik”, iklim pembelajaran yang “optimal”, materi pembelajaran yang “kurang optimal” karena tidak sistematis, media pembelajaran “kurang optimal” dalam pemanfaatannya dilihat dari, dan sistem pembelajaran dapat dikatakan “optimal”. Penelitian ini hendaknya kepala sekolah, guru, dan orang tua/wali siswa dapat lebih menyatukan proses dan tujuan sehingga dapat tercapainya tujuan pembelajaran yang maksimal bagi siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons. Dosen Pembimbing 2. Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd.
Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Tatap Muka Terbatas (TMT)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 21:12
Last Modified: 12 Dec 2022 21:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17176

Actions (login required)

View Item View Item