Peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran numbered head together berbantuan media game teka teki silang siswa kelas iv sd 1 gulang

ANAM, SAIFUL (2022) Peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran numbered head together berbantuan media game teka teki silang siswa kelas iv sd 1 gulang. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Game Teka-Teki Silang dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru; (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Game Teka-Teki Silang dalam meningkatkan hasil belajar meliputi: kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Model pembelajaran Numbered Head Together adalah jenis pembelajaran kooperatif yang bervariasi dari diskusi kelompok yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dalam ruangan kelas. Adapun tahapan pembelajaran NHT antara lain: (a.) Numbering (b.) Questioning (c.) Heads Together (d.) Call Out: guru memanggil nomor secara acak. (e.) Answering. Media pembelajaran Game Teka-Teki Silang merupakan media pendidikan yang sangat menyenangkan. Penelitian pengembangan ini akan dilaksanakan di SD 1 Gulang Mejobo dengan subjek penelitian 34 siswa. Penelitian ini akan berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap pelatihan, dan tahap penampilan hasil. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa, serta variabel bebasnya adalah model pembelajaran NHT berbantuan media Teka-Teki Silang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan teknik tes, dokumentasi, dan observasi. Analisis data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada tema 7. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 85,62% dan pada siklus II 86,87% (Baik). Hasil belajar ranah pengetahuan siswa meningkat cukup signifikan antara siklus I 70,29% dan siklus II 74,70%. Keterampilan siklus I 66,69% dan siklus II 71,84%, dan Sikap siklus I 70,50% dan Siklus II 73,44%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Game Teka-Teki Silang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Gulang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan dikelas IV SD 1 Gulang, Numbered Head Together berbantuan media Game Teka-Teki Silang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Gulang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Sekar Dwi Ardianti S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing 2. Much Arsyad Fardani, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar, Number Head Together, Media Teka-Teki Silang
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Dec 2022 21:40
Last Modified: 12 Dec 2022 21:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17181

Actions (login required)

View Item View Item