Persepsi anak dalam berapresiasi seni gebyok di desa blimbing rejo jepara

Nahdah, Risa Nisrina (2022) Persepsi anak dalam berapresiasi seni gebyok di desa blimbing rejo jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi anak pengrajin gebyok ukir dalam berapresiasi seni ukir gebyok di masyarakat pengrajin gebyok di Jepara; mengalisis anak pengrajin gebyok ukir tentang seberapa paham anak memberikan persepsi dan berapresiasi terhadap seni ukir gebyok di Jepara, menemukan tindak lanjut yang diberikan untuk menjaga kelestarian gebyok di Jepara. Hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu orang tua lebih bisa mengenalkan pekerjaan mereka yaitu pengrajin gebyok ukir Jepara dengan mengajak anak ikut terjun langsung membantu membuat gebyok agar anak sekarang tidak lupa akan ke senian ukir di Jepara yang seharusnya dilestarikan oleh generasi penerus. Penelitian ini membahas konsep teoretik yaitu Estetika, persepsi, apresiasi seni, perkembangan anak SD, teori belajar kontruktivisme, dan seni gebyok. Dalam penelitian ini peneliti meneliti tentang tiga rumusan masalah yaitu: Bagaimana proses persepsi anak dalam mengapresiasi seni gebyok di Desa Blimbing Rejo Jepara?, Bagaimana hasil persepsi anak dalam mengapresiasi seni gebyok di Desa Blimbing Rejo Jepara?, Nilai-nilai apresiasi apa saja yang dipersepsikan dalam mengapresiasi seni gebyok di desa Blimbing Rejo Jepara? Dari ketiga rumusan masalah tersebut akan muncul tiga tujuan masalah yaitu: menganalisis proses persepsi anak dalam mengapresiasi seni gebyok di Desa Blimbing Rejo Jepara, menganalisis hasil persepsi anak dalam mengapresiasi seni gebyok di Desa Blimbing Rejo Jepara, menganalisis nilai-nilai apa saja yang dipersepsikan dalam mengapresiasi seni gebyok di Desa Blimbing Rejo Jepara. Dari tujuan tersebut diharapkan akan muncul manfaat dalam penelitian ini yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan naratif kualitatif, dengan cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi, penelitian ini dilakukan di desa Blimbing Rejo Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Sumber data primer pada penelitian ini adalah anak pengrajin gebyok ukir dan pengrajin gebyok ukir (orang tua) sedangkan sumber data sekunder didapatkan dengan dokumentasi dan catatan penelitian, serta jurnal yang relevan yang terkait penelitian ini, dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data dengan observasi kerumah narasumber satu persatu setelah itu peneliti melakukan wawancara dengan narasumber satu persatu dan melakukan dokumentasi dengan narasumber dirumah mereka. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan mengacu kepada konsep model interaktif Miles & Hubermen dengan alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan naratif sehingga peneliti diharapkan dapat menarasikan hasil penelitian yang sudah di dapatkan dilapangan secara langsung dengan penafsiran yang tepat tentang peristiwa-peristiwa yang sudah terjadi. Kesimpulan dari penelitian ini terbagi menjadi tiga kesimpulan yaitu proses persepsi anak dalam mengapresiasi seni gebyok di Desa Blimbing Rejo Jeparadilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumtasi, hasil persepsi anak dalam mengapresiasi seni gebyok di Desa Blimbing Rejo Jepara disimpulkan bahwa adanya perbedaan persepsi beberapa anak terkait gebyok, nilai-nilai apresiasi yang di persepsikan dalam mengapresiasi seni gebyok di Desa Blimbing Rejo adalah estetika atau keindahan dari gebyok.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :1.Dr.Nur Fajrie,S.Pd.,M.Pd Dosen Pembimbing :2.Lintang Kironoratri,S.Pd.M.Pd
Kata Kunci: Persepsi, Apresiasi, Seni Gebyok.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 18:22
Last Modified: 13 Dec 2022 18:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17185

Actions (login required)

View Item View Item