Analisis faktor yang mempengaruhi kurangnya minat belajar matematika siswa kelas iv mi tarbiyatul islamiyah di desa winong

Putri, Risky Mandala (2022) Analisis faktor yang mempengaruhi kurangnya minat belajar matematika siswa kelas iv mi tarbiyatul islamiyah di desa winong. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (798kB) | Request a copy

Abstrak

Kurangnya minat belajar matematika yang dialami oleh siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah menimbulkan siswa bermalas-malasan terhadap pembelajaran matematika yang mengakibatkan hasil belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar matematika siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat belajar matematika siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Di Desa Winong Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Minat belajar adalah kemampuan belajar yang disertai dengan rasa suka dan ketertarikan yang tinggi dengan kesadaran diri terhadap sesuatu yang dapat memberikan keuntungan dan kepuasan pada diri seseorang. Matematika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan penalaran yang logis, bilangan, dan terorganisasi secara sistematik yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir, berargumentasi, memberi konstribusi dalam penyelesaian masalah sehari-hari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari siswa dan guru kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) minat belajar siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah terhadap pembelajaran matematika yaitu siswa kurang tertarik dan kurang perhatian terhadap pembelajaran matematika. Hal ini terjadi karena guru tidak menggunakan media pembelajaran yang bervariatif dan hanya menggunakan metode ceramah serta keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika kurang. (2) faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi sikap siswa saat pembelajaran matematika yang acuh, minat siswa terhadap pembelajaran matematika yang rendah, serta motivasi belajar siswa yang masih rendah Sedangkan faktor eksternalnya meliputi kurangnya variasi mengajar guru, penggunaan media pembelajaran matematika yang kurang variatif. Saran dalam penelitian ini hendaknya guru lebih memperhatikan penggunaan media pembelajaran yang menarik dan kreatif sehingga siswa akan lebih menyukai pembelajaran matematika. Bagi siswa hendaknya lebih menyukai dan berlatih terhadap pembelajaran matematika. Bagi orang tua hendaknya selalu memperhatikan anaknya saat melakukan kegiatan belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Savitri Wanabuliandari, M.Pd Dosen Pembimbing : 2.Lovika Ardana Riswari, M.Pd
Kata Kunci: Minat Belajar, Matematika, Faktor Kurangnya Minat Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 18:23
Last Modified: 13 Dec 2022 18:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17186

Actions (login required)

View Item View Item