Haryati, Nurita Dwi (2022) Penerapan pendidikan karakter toleransi pada anak usia sekolah dasar di desa karangmalang. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Indonesia merupakan bangsa yang memiliki berbagai macam agama, suku, rasa, bahasa daerah serta budaya. Dikenal dengan bangsa yang memiliki karakter toleransi tinggi ternyata masih terdapat anak usia sekolah dasar yang belum menerapkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut membuat tanda tanya besar akan efetivitas pendidikan yang selama ini berjalan. Penelitian bertujuan untuk menguraikan dan menganalisis penerapan pendidikan karakter toleransi pada anak usia 10 tahun yang duduk di kelas IV di RT 06 RW 02 Desa Karangmalang Kacamatan Gebog Kabupaten Kudus. Karakter merupakan pendidikan yang harus dilakukan dengan cara terus menerus guna terbentuknya watak baru anak yang lebih baik, bertujuan untuk mengubah atau memperbaiki perilaku seseorang dengan usaha yang direncanakan guna mewujudkan nilai-nilai kebaikan yang ada.Toleransi adalah sikap seseorang yang bisa memberi kebebasan, menerima, menghargai, mengakui, menyayangi, tidak dendam, menghormati dan pengertian. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap toleransi anak usia Sekolah Dasar (SD) usia 10 tahun di RT 06 RW 02 Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data kualitatif Robert K Yin berupa penjodohan pola, pembuatan eksplanasi dan analisis deret waktu. Hasil dari penelitan ini menunjukkan penerapan pendidikan karakter toleransi melalui teladan dan pembiasaan, pemberian perhatian dan mengajarkan untuk bersosialiasasi yang dilakukan dengan spontan oleh semua orang tua terhadap anaknya ternyata memiliki hasil yang berbeda. Hal tersebut dapat terjadi karena di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya dari diri anak itu sendiri, kemudian lingkungan keluarga dan pergaulan anak. Semakin merosotnya moral yang dimiliki anak zaman sekarang dan semakin hilangnya sikap sopan dalam menghormati dan menghargai seseorang membuat pendidikan toleransi penting diberikan sebagai jalan kelar untuk mencegah terjadinya perpecahan, permusuhan dan ketidak sopanan. Sehingga dapat melahirkan Sumber Daya Manusia yang lebih baik dan tidak menyimpang dari aturan yang berlaku. Penelitian ini hendaknya dapat membuat orang tua menjadi lebih ekstra dalam memberikan pembiasaan dengan cara penyampaian yang lebih mudah untuk dapat dipaham oleh anak.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing :1.Yuni Ratnasari,S.Si.,M.Pd Dosen Pembimbing :2.Lovika Ardana Riswari.M.Pd |
Kata Kunci: | Pendidikan Karakter; Toleransi; Anak Usia Sekolah Dasar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 18:32 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 18:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17187 |
Actions (login required)
View Item |