Peningkatan motivasi belajar siswa melalui model teams games tournament berbantuan pepibox (puzzle profesion box) pada tema daerah tempat tinggalku kelas iv sdn 2 sadang

Ariyani, Dwi (2022) Peningkatan motivasi belajar siswa melalui model teams games tournament berbantuan pepibox (puzzle profesion box) pada tema daerah tempat tinggalku kelas iv sdn 2 sadang. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pendidikan merupakan proses memperbaiki diri yang dilalui oleh manusia disepanjang hidupnya. Pengaruh pendidikan yang rendah salah satunya yaitu kurangnya motivasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan keterampilan guru dan menganalisis model pembelajaran Teams Games Tournament dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang berbantuan media PEPIBOX (Puzzle Profesion Box). Model pembelajaran Teams Games Tournament merupakan model pembelajaran kooperatif yang melibatkan peran seluruh peserta didik sebagai tutor sebaya tanpa adanya perbedaan status, serta memuat unsur permainan yang berbantuan media. Motivasi belajar yaitu suatu dorongan yang muncul dari dalam diri peserta didik yang memiliki perkembangan dan memberikan arahan dalam kegiatan belajar secara langsung sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Sadang yang terdiri 2 siklus dan setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Teams Games Tournament dengan menggunakan media PEPIBOX (Puzzle Profesion Box), sedangkan Variabel terikatnya adalah motivasi belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, kuesioner (Angket), dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dilihat berdasarkan (1) keterampilan mengajar siklus I mencapai rata-rata presentase 81% dengan kategori baik, sedangkan siklus II mengalami peningkatan menjadi 93% dengan kategori sangat baik. (2) Motivasi belajar peserta didik pada Siklus I menunjukkan bahwa 42% peserta didik masuk dalam kriteria baik dan 58% masuk dalam kriteria cukup. Sedangkan pada Siklus II, 74% peserta didik masuk dalam kriteria sangat baik dan 26% masuk dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan peneliti selanjutnya dapat menggunakan media pembelajaran dan model yang variatif sesuai dengan kurikulum yang terbarukan, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1.Dr. Wawan shokib Rondli, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing : 2. Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Media PEPIBOX (Puzzle Profesion Box), Motivasi Belajar, Keterampilan Mengajar Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 18:51
Last Modified: 13 Dec 2022 18:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17190

Actions (login required)

View Item View Item