Herawati, Indah (2022) Analisis kesalahan ejaan dalam penulisan karangan deskripsi siswa kelas iv sd 04 besito kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (318kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (69kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (248kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis bentuk kesalahan penggunaan ejaan dalam karangan deskripsi, (2) mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan penggunaan ejaan dalam menulis karangan deskripsi. (3) mendeskripsikan cara guru untuk mengurangi tingkat kesalahan ejaan dalam menulis karangan deskripsi. Ejaan yang baik dan benar yaitu yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dalam PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). PUEBI adalah kaidah bahasa tulis yang harus memperhatikan pemakaian huruf, penulisan kata dan penggunaan tanda baca. Karangan deskripsi adalah karangan yang menggambarkan atau melukiskan seakan-akan pembaca ikut merasakan, melihat, mendengar dan mengalaminnya sendiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif naratif. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis milik Sudaryanto yaitu membaca, mengidentifikasi, mengelompokkan dan mendeskripsikan kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan huruf kapital terdapat pada awal kalimat, judul karangan, nama hari, nama tempat, nama kota dan nama geografi. Faktor penyebab kesalahan ejaan siswa yaitu minimnya pengetahuan, kurangnya jam pembelajaran, kurang teliti, kurangnya minat baca dan sulit memahami materi. Cara guru mengurangi tingkat kesalahan dengan cara latihan menulis, mengingatkan kembali, diskusi, mengevaluasi dan dikoreksi. Kesalahan penulisan huruf kapital sering terjadi pada awal kalimat dan judul karangan. Kesalahan penulisan kata sering terjadi pada kata depan di, ke. Kesalahan penggunaan tanda baca sering terjadi pada tanda titik dan tanda koma. Faktor penyebab kesalahan ejaan kurangnya jam pembelajaran dan kurangnya minat baca siswa. Cara guru mengurangi tingkat kesalahan diskusi dan mengavaluasi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1. Dr. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd Dosen Pembimbing : 2. Much Arsyad Fardani, M.Pd |
Kata Kunci: | Ejaan, Penulisan, Karangan Deskripsi. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 19:10 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 19:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17194 |
Actions (login required)
View Item |