Sari, Yuli Fani Mayang (2022) Penerapan model pembelajaran stad berbantuan media congklak untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv sdn 04 hadipolo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (579kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media congklak mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku aspek pengetahuan dan aspek keterampilan muatan pembelajaran bahasa Indonesia dan IPS di SDN 04 Hadipolo.(2) Penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media congklak mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV di SDN 04 Hadipolo. (3) Peningkatan keterampilan mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran STAD berbantuan media congklak di SDN 04 Hadipolo. Hasil belajar merupakan interaksi antara peserta didik terhadap lingkungannya yang dapat mengakibatkan perubahan tingkah laku secara menyeluruh baik dalam aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Media congklak merupakan jenis permainan tradisional yang digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media congklak mampu meningkatkan hasil belajar siswa aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan mengajar guru kelas IV di SDN 04 Hadipolo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 04 Hadipolo yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran STAD berbantuan media congklak. Sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar aspek pengetahuan siswa muatan bahasa Indonesia meningkat cukup signifikan dari siklus I (56%) ke siklus II (84%). Muatan IPS dari siklus I (52%) ke siklus II menjadi (80%). Peningkatan hasil belajar aspek keterampilan siswa pada siklus I (40%) ke siklus II menjadi (76%). Keterampilan guru mengalami peningkatan dari siklus I (71%) ke siklus II menjadi (83%). Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I (42%) ke siklus II (76%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 04 Hadipolo dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media congklak mampu meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Peneliti memberikan saran agar model pembelajaran STAD berbantuan media congklak dapat diterapkan dan dikembangkan dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing :1.Drs,Masturi,M.M Dosen Pembimbing :2.Lintang Kironorati,M.Pd |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran STAD, Media Congklak, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 19:15 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 19:15 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17195 |
Actions (login required)
View Item |