Penggunaan media ular tangga pintar terhadap hasil belajar tema 7 subtema kelas iv sdn 04 hadipolo kudus

Ardianingtyas, Rahma Widi (2022) Penggunaan media ular tangga pintar terhadap hasil belajar tema 7 subtema kelas iv sdn 04 hadipolo kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (22MB) | Request a copy

Abstrak

Hasil belajar siswa menjadi tolak ukur keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu penunjang pembelajaran untuk siswa yaitu media. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa siswa memiliki permasalahan dalam menangkap materi yang diberikan oleh guru karena pembelajaran masih bersifat konvensional, dan penyampaian materi hanya melalui metode ceramah. Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan dan untuk mengetahui besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Ular tangga Pintar pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SDN 04 Hadipolo Kudus. Media ular tangga pintar adalah media pembelajaran yang berkonsep permainan ular tangga namun pada nomor alas tertentu menuju ke finisih terdapat Kartu Pin dan Kartu Tar. Desain media ini disesuaikan dengan materi Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negriku muatan pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia. Media tersebut akan berpengaruh pada hasil belajar siswa pada Tema 7 Subtema 2. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Eksperimen dengan jenis One group Pretest-Posttest Design. Subjek pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 04 Hadipolo Kudus yang berjumlah 33 siswa dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling jenis sampel jenuh. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas Expert Judgement, uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Ular Tangga Pintar Tema 7 Subtema 2 pada siswa kelas IV SDN 04 Hadipolo Kudus efektif digunakan dalam pembelajaran dan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pernyataan tersebut diperoleh dari hasil uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain pada aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh hasil uji Paired Sample T-Test dengan signifikansi 0,000 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sedangkan hasil uji N-Gain yaitu sebesar 80,4% yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Penggunaan media Ular Tangga Pintar terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran Tema 7 Subtema 2 muatan pelajaran IPS dan Bahsa Indonesia pada siswa kelas IV SDN 04 Hadipolo Kudus, (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Ular Tangga Pintar Tema 7 Subtema 2 muatan pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN 04 Hadipolo Kudus sebesar 80,4%. Berdasarkan simpulan tersebut saran dari

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing : 1.Diana Ermawati, M.Pd Dosen pembimbing : 2.Ika Ari Pratiwi, M.Pd
Kata Kunci: Media Ular Tangga Pintar, Hasil Belajar, Tema 7 Subtema 2
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Dec 2022 19:21
Last Modified: 13 Dec 2022 19:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17196

Actions (login required)

View Item View Item