Ariyanti, Desy (2022) Strategi guru dalam menguatkan minat belajar siswa kelas iv sd negeri klumpit pada pembelajaran ipa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (976kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan startegi guru dalam menguatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Klumpit pada pembelajaran IPA, dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menghambat dan mendukung guru dalam mengkuatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Klumpit pada pembelajaran IPA. Dalam pemberlakuan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kembali, pembelajaran yang berlangsung belum sepenuhnya berjalan dengan efektif karena kurangnya partisipasi siswa yang disebabkan oleh rendahnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Di SD Negeri Klumpit, minat belajar siswa rata-rata tergolong rendah. Untuk itu perlunya peran guru dalam memilih strategi yang tepat dan efisien guna menguatkan semangat, keaktifan serta ketertarikan atau minat belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dan jenis pendekatan studi kasus sebagai tahapan dalam melakukan penelitian. Penelitian ini akan di laksanakan di SD Negeri Klumpit, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, dengan mengambil subjek guru dan siswa sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Dan analisis data kualitatif deskriptif merupakan analisis data yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan guru dalam menguatkan minat belajar pada pembelajaran IPA yakni menetapkan kesepakatan, mendisign pembelajaran yang dikehendaki siswa, mencipktakan kompetensi yang positif, menciptakan kelas bebas ancaman, memberikan apresiasi ke siswa, dan mendorong siswa agar merefleksi pembelajaran. Sedangkan faktor pendukung yang mempengaruhi strategi guru yaitu adanya kesepakatan yang disepakati semua siswa, adanya video pembelajaran IPA, adanya design pembelajaran yang dikemas dengan bermain dan bernyanyi, dan adanya apresiasi terhadap siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya persiapan guru dalam penyampaian materi dan kurangnya pemberian rasa percaya diri pada siswa. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa strategi yang digunakan guru dalam menguatkan minat belajar siswa pada pembelajarn IPA, dari 6 tahapan yang digunakan 5 diantaranya yakni menetapkan kesepakatan, mendisign pembelajaran yang dikehendaki siswa, mencipktakan kompetensi yang positif, memberikan apresiasi ke siswa, dan mendorong siswa agar merefleksi pembelajarandinyatakan mampu menguatkan minat siswa dalam belajar pembelajaran IPA
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1.Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing : 2. F.Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd |
Kata Kunci: | Strategi guru, Minat belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 19:40 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 19:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17200 |
Actions (login required)
View Item |